Home Artikel Peluang Usaha Minuman Unik Di Masa Kini, Apakah Menjanjikan?
peluang usaha minuman unik

Peluang Usaha Minuman Unik Di Masa Kini, Apakah Menjanjikan?

by Happy Puspa

Peluang usaha minuman unik sepertinya pada masa kini sedang berkembang cukup pesat. Mulai dari usaha minuman kopi, bubble tea, hingga thai tea yang sudah trend akhir akhir ini di daftar kuliner.

Belakangan ini dunia kuliner berkembang dengan semakin kreatif. Di masa kini, ada saja jenis minuman baru yang menjadi referensi jajanan serta bisa menjadi teman untuk menghabiskan waktu. Jenis minuman ini, kini bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitar Anda.

Usaha minuman memang tidak ada matinya, usaha ini pastinya akan selalu ada. Sampai saat ini, penggemar dari usaha minuman unik dan segar, bukannya berkurang namun malah bertambah banyak. Karena itulah membuka usaha minuman pada masa kini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Peluang usaha minuman unik sebenarnya masih tetap menjanjikan dan menggiurkan di Indonesia.

Selain karena Indonesia merupakan negara tropis, minuman memang salah satu yang dicari oleh orang banyak untuk menghilangkan rasa haus. Usaha minuman unik sebenarnya juga tidak harus mengikuti trend kekinian. Jika Anda ingin membuka usaha minuman segar, maka carilah ide minuman yang unik, mempunyai ciri khasnya sendiri agar nantinya tidak tergerus arus trend yang cepat.

Ide Peluang Usaha Minuman Unik Kekinian yang Menguntungkan

peluang usaha minuman unik

Berikut ini kami tampilkan beberapa ide peluang usaha minuman unik kekinian yang menguntungkan dan patut untuk dicoba :

1. Peluang Usaha Minuman Unik : Minuman Ice Boba

Sejak beberapa tahun belakangan ini, minuman boba masih saja diminati oleh banyak kalangan. Sudah banyak pula jenis minuman yang dikombinasikan dengan topping boba ini, mulai dari milk tea, thai tea, es kopi, dan lain-lain. Jika Anda tertarik dengan usaha minuman ini, pilihlah jenis minuman yang unik dan berbeda dari yang lain, lalu tambahkan topping boba di dalam minuman tersebut.

Misalnya, Anda bisa menjual jenis minuman segar, seperti lemon squash yang ditambahkan dengan topping boba atau es teh kekinian dengan ditambahkan boba, puding, dan topping menarik lainnya. 

2. Minuman Soda Tanpa Alkohol

Ide peluang usaha minuman unik selanjutnya yang bisa Anda coba adalah minuman bersoda tanpa alkohol. Di masa kini, trend korea semakin menjamur di kalangan anak muda Indonesia. Tidak sedikit pula yang mulai penasaran dengan kuliner yang sering muncul di drama korea, salah satunya adalah minuman soju.

Soju sendiri merupakan jenis minuman beralkohol khas Korea Selatan. Nah, minuman soju ini bisa Anda jadikan sebagai ide usaha minuman unik kekinian. Anda bisa menjual soju versi halal dengan kandungan tanpa alkohol, tawarkan juga berbagai varian rasa yang bisa menggugah selera minat pelanggan. Peluang usaha minuman satu unik ini terbilang cukup besar, mengingat banyak anak muda yang menyukai drama korea.

3. Peluang Usaha Minuman Unik : Jamu kekinian

Usaha minuman unik kekinian yang tidak kalah menguntungkan adalah jamu. Ya! Anda tidak salah baca jamu, minuman ini masih memiliki peluang usaha yang cukup besar. Saat ini, Anda bisa mengemas minuman jamu menjadi lebih kekinian. Diracik dengan rempah-rempah khas Indonesia, jamu memiliki berbagai manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh. 

Cobalah mengemas jamu menggunakan kemasan yang lebih menarik, misalnya menggunakan kemasan botol dengan berbagai variasi rasa. Anda bisa menjual jamu varian beras kencur, temulawak, turmeric honey, asam jawa, dan jenis jamu lainnya. Minuman jamu biasanya sangat disukai oleh orang-orang golongan lanjut usia.

4. Cheese tea 

Peluang usaha minuman unik cheese tea di masa kini terbilang cukup cerah. Minuman hasil inovasi dari teh ini, kini menjadi salah satu jenis minuman favorit banyak orang. Usaha minuman yang satu ini, sebenarnya sudah viral dari beberapa tahun belakangan, namun nyatanya cheese tea masih saja diminati oleh banyak orang hingga masa kini.

Anda bisa memanfaatkan peluang usaha ini dengan menjual berbagai jenis minuman rasa-rasa dengan kombinasi cream cheese. Misalnya, Anda bisa menjual minuman matcha cheese tea ,taro cheese tea, dan jenis minuman lainnya. 

5. Peluang Usaha Minuman Unik : Teh kekinian

Teh adalah salah satu minuman yang memiliki banyak peminat. Walaupun minuman ini sudah ada sejak lama, namun minuman ini tetaplah menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang segar dan nikmat. Usaha minuman teh ini, bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha minuman kekinian yang menguntungkan.

Anda bisa membuat inovasi teh baru untuk usaha Anda nantinya. Anda juga bisa membuka usaha ini dengan franchise. Merek minuman teh yang menawarkan usaha franchise adalah teh poci. Anda bisa membeli paket usaha franchise dari teh poci jika memang tertarik untuk membuka usaha secara franchise.

6. Cold pressed juice

Satu lagi jenis minuman sehat yang digemari oleh banyak orang adalah cold pressed juice. Minuman jus buah ini berbeda dengan jus buah biasa. Jika jus biasa dibuat dengan bantuan blender yang fungsinya menghancurkan buah, maka cold pressed juice dibuat dengan alat yang berfungsi untuk melumatkan buah dan mengeluarkan sari buahnya saja.

Oleh karena itu, cold pressed juice lebih cair dibandingkan jus buah biasanya, namun jus buah jenis ini lebih sehat karena nutrisinya tidak terbuang lebih banyak. Dengan banyaknya orang menjalani gaya hidup sehat, membuat cold pressed juice menjadi salah satu ide usaha minuman yang wajib untuk dicoba. Cold pressed juice biasanya dikemas dengan menggunakan kemasan botol.

7. Peluang Usaha Minuman Unik : Mocktail 

Peluang usaha minuman unik kekinian selanjutnya adalah Mocktail. Minuman yang satu ini juga termasuk ide usaha minuman kekinian yang bisa Anda coba. Mocktail adalah jenis minuman yang menggunakan bahan dasar sirup, jus, dan buah segar yang ditambahkan dengan soda, serta sedikit sentuhan garnish, sehingga menghasilkan kombinasi minuman yang sangat menyegarkan. 

Biasanya minuman mocktail ini dapat Anda temukan di cafe-cafe atau coffee shop tertentu, namun Anda bisa menjalankan usaha ini dengan mengemas minuman mocktail dengan lebih ekonomis, supaya bisa lebih diminati oleh banyak kalangan. 

8. Es Kopi Susu

Usaha minuman kekinian yang menjadi primadona di masa kini adalah usaha es kopi susu. Usaha minuman satu ini cukup digemari oleh banyak orang dan sudah banyak dijalankan oleh banyak orang. Dengan penggemar kopi yang banyak, menjadikan peluang usaha minuman satu ini cukup menguntungkan.

Salah satu jenis minuman kopi yang disukai banyak orang adalah minuman es kopi susu gula aren. Meskipun minuman ini kopi sudah hits sejak beberapa tahun ke belakang, tetapi es kopi masih banyak diminati oleh banyak orangOleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan peluang ini menjadi usaha minuman kekinian yang menguntungkan. 

9. Peluang Usaha Minuman Unik : Minuman Green Tea atau Matcha

Ide peluang usaha minuman unik yang harus Anda coba selanjutnya adalah usaha minuman green tea atau matcha. Kedua minuman ini, bisa Anda jadikan peluang usaha minuman unik kekinian yang menguntungkan lho. Apalagi pada saat ini, sudah banyak berbagai variasi minuman berbahan dasar green tea atau matcha dengan rasa yang enak. Misalnya, green tea latte ditambahkan dengan boba, matcha cheese tea, dan lain sebagainya. 

Walaupun sebagian orang tidak menyukai minuman ini, minuman ini akan tetap banyak dicari oleh pecinta green tea dan matcha.

10. Minuman Ice Cokelat Kekinian

Tidak kalah dengan minuman green tea dan matcha, ice cokelat juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha minuman kekinian yang menggiurkan. Sama seperti usaha minuman kekinian unik yang lainnya, Anda bisa membuat inovasi atau variasi baru dari minuman ini. Misalnya, Anda bisa menjual minuman cokelat dengan tambahan topping cookies, biskuit, dan lain sebagainya. 

Peluang usaha minuman ini dibilang cukup menggiurkan, karena banyak orang yang menyukai minuman ini. Rasanya yang manis dan khas mampu menarik minat pelanggan.

Lalu Bagaimanakah Tips Untuk Memulai Usaha Minuman Kekinian?

Peluang Usaha Minuman Unik

Setelah mengetahui ide peluang usaha minuman unik kekinian di atas. Kini waktunya Anda untuk mengetahui tips untuk memulai usaha minuman unik kekinian.

Simaklah beberapa tips memulai usaha minuman kekinian yang bisa Anda coba : 

1. Selalu Utamakan Kualitas Minuman Anda

Saat menjalankan usaha minuman, jangan hanya memikirkan soal keuntungan saja. Pikirkan juga untuk selalu mengutamakan kualitas dari minuman yang dibuat, baik dari segi bahan, rasa, dan kebersihan. Sebab, hal inilah yang nantinya akan membuat minuman menjadi lebih nikmat. 

2. Buatlah varian Minuman Yang Unik dan Berbeda

Di masa kini, banyak sekali jenis usaha minuman kekinian yang muncul di sekitar kita. Supaya calon pelanggan bisa membedakan antara minuman yang Anda jual dengan kompetitor. Cobalah untuk membuat minuman dengan varian unik dan berbeda. Hal ini tentunya akan dapat membantu Anda bersaing dan dikenal oleh banyak orang. 

3. Gunakan Juga Kemasan Yang Menarik

Biasanya, bukan hanya rasa dan varian unik yang membuat pelanggan tertarik. Kemasan juga menjadi salah satu faktor yang membuat pelanggan tertarik. Dengan kemasan menarik akan banyak orang yang ingin membeli produk minuman Anda,

4. Pilih Lokasi Yang Strategis

Rata-rata usaha minuman kekinian, memang lebih mudah untuk dijual secara offline dibandingkan dengan online. Oleh karena itu, Anda perlu memilih lokasi yang strategis, misalnya di kawasan yang ramai banyak orang. 

5. Selalu Manfaatkan Media Sosial 

Meskipun minuman Anda dijual secara offline, Anda juga tetap harus memaksimalkan media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan usaha Anda. Saat ini banyak cafe dan usaha minuman lainnya yang viral akibat kekuatan media sosial. 

Cobalah membuat konten yang menarik agar usaha Anda bisa semakin dikenal oleh banyak orang. Tidak ada salahnya untuk bekerjasama dengan influencer atau selebgram untuk meningkatkan brand community, jika memiliki modal usaha yang lebih.

6. Bisa pilih franchise minuman kekinian yang sudah terkenal

Jika Anda ingin menjalankan usaha minuman dengan brand yang sudah terkenal, maka solusinya adalah menjalankan bisnis minuman secara franchise. Di masa kini sudah banyak brand minuman kekinian yang menggunakan sistem franchise. Dengan menggunakan sistem franchise, Anda akan bisa menjual minuman tersebut, tanpa perlu untuk repot mengembangkan produknya dari nol. 

Itulah tadi ide peluang usaha minuman unik kekinian yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!.

Related Posts