Home Uncategorized Peluang Usaha Olahan Sabut Kelapa di Pasar Lokal dan Ekspor

Peluang Usaha Olahan Sabut Kelapa di Pasar Lokal dan Ekspor

by Happy Puspa

Peluang Usaha Olahan Sabut Kelapa – Sabut kelapa, salah satu bagian dari kelapa yang punya banyak sekali fungsi dan value. Sabut kelapa memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Tentunya banyak sekali peluang – peluang usaha produk olahan dari bahan dasar sabut kelapa yang sangat banyak dikembangkan, terutama di Indonesia.

Setelah kelapa diolah menjadi serat atau bisa juga disebut sebagai cocofiber atau serat kelapa. Serat itulah yang dicari pasar sebagai bahan baku banyak benda seperti jok mobil, pot, geotekstil, maupun matras.

Pasar ekspor ke luar negeri maupun penjualan dalam negeri menyerap produk olahan sabut kelapa ini dalam jumlah yang besar. Untuk bisa mengolah dan mendapatkan produk dengan kualitas yang baik, tentunya kita harus mau menggali informasi mengenai sabutu kelapa ini sebanyak – banyaknya.

Salah satu faktor yang memengaruhi mutu bahan baku serat serabut, yaitu komposisi kimia seratnya. Serat dari kelapa dalam ini memiliki beberapa kandungan senyawa seperti selulosa, pentosa, lignin yang lebih tinggi dibandingkan kelapa genjah dan hibrida, sedangkan kadar abunya lebih rendah.

Kondisi tersebut menyebabkan kelapa dalam memiliki mutu dan kualitas yang lebih baik sebagai bahan baku serat sabut kelapa.

Produk – produk pokok dari pengolahan sabut kelapa ini terdiri atas serat (serat panjang), bristle (serat halus dan pendek), dan serbuk sabut atau coco dust. Serat dapat diproses menjadi geotekstil, serat berkaret, matras, karpet dan produk – produk kerajinan / industri rumah tangga yang lainnya.

Geotekstil banyak diterapkan sebagai perbaikan tanah pada bendungan, saluran air, dan lain – lain. Sedangkan matras dan serat berkaret banyak digunakan dalam industri jok mobil, kasur dan pelapis panas atau isolator. Serat sabut kelapa punya keunggulan dibandingkan dengan produk subtitusinya, terutama serat jenis sintesis.

Keunggulan dan Kelebihan Produk Olahan Sabut Kelapa

peluang usaha olahan sabut kelapa

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan juga keunggulan dari olahan sabut kelapa dibandingkan dengan bahan sintesis subtitusinya :

  1. Punya daya serap air yang sangat tinggi
  2. Mempunyai sifat material yang ramah terhadap lingkungan
  3. Punya daya serap panas yang sangat tinggi
  4. Tahapan pengolahannya tidak mencemari lingkungan
  5. Memakai mesin pengolah yang relatif sederhana
  6. Punya potensi pasar yang sangat besar, baik di pasar domestic maupun di pasar ekspor.

Serbuk sabut (coco-dust) kerap kali digunakan sebagai media pertumbuhan tanaman sebagai subtitusi tanah gambut alam karena sifatnya yang mampu menyerap air dalam jumlah yang besar dan memiliki struktur yang memudahkan sirkulasi udara sehingga pernapasan akar tanaman akan lebih baik.

Produk dari sabut komersial yang telah dikembangkan adalah cocomesh (untuk mencegah terjadinya erosi di tanah lereng), cocopeat (untuk media pertumbuhan tanaman) dan cocomix (untuk media pertumbuhan tanaman dan sekaligus sebagai pupuk). Selain itu, pada serbuk sabut bisa diolah bersama bristle menjadi hardboard.

Produk – produk ini sudah banyak kali dijual di pasaran, banyak toko yang jual cocomesh, cocopeat atau pun cocomix. Sebab produk – produk ini sangat bermanfaat untuk memudahkan beberapa kegiatan manusia.

Tips Menanggapi Peluang Usaha Produk Olahan Sabut yang Berpotensi Tinggi

1. Salah Satu Tips Menanggapi Peluang Usaha Produk Olahan Sabut, Menganalisa jenis usaha yang terkait

peluang usaha olahan sabut kelapa

Kamu harus pastikan bahwa usaha produk olahan sabut kelapa yang kamu dirikan adalah jenis usaha yang ingin kamu kembangkan. Cari tahu beberapa produk – produk unggulan olahan sabut kelapa yang bisa menunjang usaha sabut kelapa kamu lebih baik lagi.

Lakukan analisa dengan metode Break Event Point untuk bisa lebih menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha kamu. Setelah itu jabarka rencana usaha kamu secara detail (Sales Forecast, Analisa Arus Kas, dan yang lainnya). Setelah itu susunlah rancangan rencana pemasaran yang akan kamu lakukan untuk memasarkan produk olahan sabut kelapa kamu.

2. Perluas Networking atau Relasi Komunikasi Bisnis Kamu

Networking atau relasi dalam bisnis menjadi suatu landasan untuk kelangsungan usaha produk olaha sabut kelapa yang kamu jalankan. Kamu bisa mulai bergabung dengan beberapa komunitas yang memiliki kaitan dengan jenis usaha yang sesuai dengan bisnis kamu.

Hal ini bisa kamu lakukan sebelum kamu memulai usaha sendiri, sehingga pada saat kamu mulai menjual dan memasarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan, kamu telah memiliki networking atau relasi komunikasi yang sudah luas.

3. Siapkan Modal Biaya Awal Bisnis Kamu

peluang usaha olahan sabut kelapa

Modal merupakan salah satu faktor yang paling penting ketika tengah mulai menjalankan usaha sendiri. Banyak orang yang ingin mulai bisnis usaha, tapi tidak punya modal sehingga pada akhirnya tidak bisa terealisasikan.

Modal bisa dihasilkan dari beberapa hal, antara lain modal sendiri hasil dari menabung, mencari modal dari investor, atau juga bisa dari meminjam uang dari bank, dan juga sistem kerja sama partnership. Selain modal biaya awal, kamu juga harus memiliki minimal tiga bulan dari anggaran keluarga kamu dalam bank.

Itulah saja beberapa peluang usaha olahan sabut kelapa, keunggulan dan kelebihan produk olahan sabut kelapa tips menanggapi peluang usaha olahan sabut kelapa yang bisa kami sampaikan.

Berdasar beberapa keunggulan sabut kelapa seperti punya daya serap air tinggi, proses pengolahannya ramah lingkungan dan memiliki potensi pasar penjualan yang sangat besar baik di pasar domestik maupun di pasar ekspor. Tentunya hal – hal ini akan sangat menguntungkan bagi Kamu pengusaha produk olahan dari sabut kelapa, kamu bisa jual cocomesh, cocopeat, atau cocomix.

Selamat mencoba! Terima kasih

Related Posts