Home Uncategorized Pemanfaatan Daun Kelapa

Pemanfaatan Daun Kelapa

by Happy Puspa

Pemanfaatan Daun Kelapa

Pohon Kelapa

pemanfaatan daun kelapa

Keunggulan Pohon Kelapa. Pohon yang memiliki nama lain Cocos Nucifera ini berasal dari benua Asia, sering ditemukan pada pantai yang berpapasan langsung dengan Samudera Hindia. Namun sekarang pohon ini sudah dapat ditemukan di berbagai belahan dunia luar. Dan banyak yang mengira hanya bagian buahnya saja yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Keunggulan Pohon Kelapa

Pohon kelapa merupakan tanaman yang bisa dimanfaatkan semua bagiannya, karena dapat dimanfaatkan hampir semua bagiannya, maka dari itu pohon kelapa dapat dikatakan sebagai “Zero Waste”.

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan garis pantai terluas di dunia tentunya memiliki sumber daya pohon kelapa yang tak terhitung jumlahnya. Namun, pemanfaatannya yang kurang membuat negara yang terkenal dengan pohon palem yang melambai-lambai itu tampak miskin sumber daya.

Peluang Bisnis Daun Kelapa

Daun kelapa atau blarak (bahasa jawa) ternyata bisa dibuat peluang bisnis kerajinan yang unik dan bernilai jual tinggi. Blarak yang biasa digunakan sebagai pengganti kayu bakar ini ternyata bisa disulap menjadi produk kreatif yang mampu menembus pasar ekspor dan bisa di jadikan peluang bisnis yang menjanjikan.

Karena Nyatanya, daun kelapa saja dapat memberikan manfaat kepada banyak orang. Dengan banyaknya manfaat itu, itulah salah satu cara untuk menghasilkan pundi pundi rupiah yang hanya berdasarkan dengan memulai bisnis daun kelapa, dibawah ini adalah beberapa contoh pemanfaatan daun kelapa.

Pemanfaatan Daun Kelapa

pemanfaatan daun kelapa

Ketupat

Manfaat yang paling sering ditemukan untuk daun kelapa yaitu berfungsi sebagai ketupat. Daun kelapa yang masih muda dan berwarna kuning ataupun hijau muda, sampai sekarang ini masih sering digunakan untuk sebagai ketupat.

Pembuatan Atap

Di beberapa daerah di Indonesia, daun kelapa ini banyak dimanfaatkan untuk menjad atap rumah. Daun kelapa yang setengah kering dianyam dengan rapi dan kemudian digunakan sebagai atap.

Hiasan Pernikahan

Selain digunakan untuk pembuatan atap dan ketupat, daun kelapa ini juga berfungsi sebagai hiasan untuk pernikahan. Janur kuning yang merupakan lambang pesta pernikahan yang sering diletakkan di tepi jalan itu terbuat dari daun kelapa.

Pakan Ternak

Kegunaan daun kelapa selanjutnya yaitu digunakan sebagai bahan pakan untuk hewan ternak. Daun kelapa muda yang sudah diambil lidinya sering kali juga dimanfaatkan menjadi bahan pakan ternak seperti kerbau dan sapi.

Kerajinan Tangan

Pemanfaatan untuk kerajinan tangan yang menarik sering pula memiliki bahan dasar seperti contohnya daun kelapa. Kerajinan tangan tersebut antara lain yaitu. Tikar, bakul, anyaman, dan masih banyak lagi lainnya.

Produksi Pemanfaatan Kelapa di Indonesia

Asia dan Pasifik menghasilkan 5,3 juta ton kelapa atau setara 82 % produksi dunia yang meliputi 12 negara, sedangkan sisanya oleh negara di Afrika dan Amerika Selatan. Indonesia merupakan negara dengan produksi kelapa terluas dan tersebar di Riau, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi, Aceh, Sumatra Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku.

Indonesia juga menyandang predikat sebagai produsen kelapa terbesar di dunia, dengan jumlah produksi 183 juta ton kelapa per tahun pada 2018. Sebagian besar kelapa Indonesia diproduksi di Sulawesi Utara.

Kurangnya Kesadaran

Banyak orang tidak menyadari, karena sebenarnya pohon kelapa ini memiliki banyak sekali potensi. Ketika pengolahan pohon kelapa berada di tangan seseorang yang memiliki kreativitas tingkat tinggi, memberikan manfaat pohon kelapa bisa disulap menjadi berbagai kerajinan tangan.

Harapan

Diharapkan dengan kesadaran masyarakat untuk bisa belajar membuat kerajinan yang menggunakan bahan utama dari pohon kelapa, agar manfaat besarnya tidak terbuang hanya menjadi limbah yang sia sia.

Related Posts