Home Uncategorized Pemanfaatan Elektrostatic Presipator Untuk Mengurangi Kadar Debu Dalam Ruangan Berbasis Mikrokontroller

Pemanfaatan Elektrostatic Presipator Untuk Mengurangi Kadar Debu Dalam Ruangan Berbasis Mikrokontroller

by Happy Puspa

Salah satu keperluan yang terlalu mendesak bagi manusia kala ini adalah tersedianya udara bersih, dikarenakan udara bersih adalah mutlak untuk kesehatan.

Dewasa ini udara bersih merupakan suatu perihal yang terlalu langka. Kemajuan teknologi tidak cuman beri tambahan efek positif bagi kehidupan manusia terhitung membawa dampak efek negatif. Salah satu contohnya adalah terjadinya pencemaran lingkungan.

Pada kota besar seperti Jakarta, tingkat pencemaran masih terlalu tinggi meskipun bisnis untuk kurangi pencemaran masih terus dilakukan. Partikel polutan dari asap kendaraan bermotor dan industri, debu dan asap rokok membawa dampak polusi udara .


Dengan membawa dampak konsep pembangkit tegangan tinggi DC, bakal dibangkitkan tegangan tinggi DC yang bisa mengendapkan debu secara elektrostatik. Perancangan pengendap debu ini meliputi pembuatan pembangkit tegangan tinggi Sejalan (DC) mengfungsikan metode Walton- Cockroft terhadap keadaan hubung buka / tidak berbeban, pemilihan alumunium untuk filter dan pemilihan alat – alat pendukung yaitu exhaust, vibrator dan sumber tegangan AC 1 phasa.

Dalam makalah ini bakal dibangun sebuah alat electrostatic presipator dengan metode untuk mengendapkan debu sebagai tidak benar satu polutan dengan mengfungsikan medan listrik.

Pembersihan udara ini dikerjakan dengan langkah pengendapan elektrostatis di mana partikel-partikel bermuatan bakal dipisahkan secara elektrostatis yaitu muatan positif dan negatif bakal saling tarik menarik oleh medan listrik dari deretan plat-plat logam yang nantinya bakal mengeluarkan udara bebas debu. Dan secara total proses perancangan alat pengendap debu ini bakal diatur atau dikontrol Filter Dust Collector.

Related Posts