Home Uncategorized Pemasangan Guiding Block Jalur Difabel

Pemasangan Guiding Block Jalur Difabel

by Happy Puspa
Guiding Block – Pemasangan Tactile paving block ini merupakan suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 tentang “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Tactile paving block ini seringnya dipakai di tempat-tempat dan sarana-sarana umum misalnya trotoar, jalan-jalan, jalan taman, terminal, stasiun, Bank, dan lain sebagainya.

Adapun jalur-jalur yang diberikan Tactile paving block ini antara lain yaitu pada jalur untuk pejalan kaki misalnya saja trotoar, jalur penghubung antara jalan dan suatu gedung bangunan, serta jalur yang mengarah ke tempat transportasi umum terdekat, jalur menuju tangga, jalur menuju pintu masuk maupun keluar, dan jalur lainnya.

Selain di luar gedung bangunan, pemasangan Guiding Block dipasang pada gedung kecuali rumah tinggal dan rumah deret dianjurkan untuk dipasangi sarana pembantu untuk penyandang disabilitas berupa Tactile guiding block ini untuk mempermudah bagi Tunanetra dan lanjut usia dalam melakukan kegiatan.

Saat ini penerapan Tactile paving yang diproduksi dari bahan logam lebih banyak digemari, terlebih untuk diterapkan pada dalam gedung bangunan. Tactile paving yang terbuat dari logam terutama yang tahan dengan karatan.

Penggunaan Guiding block tactile paving dari logam ini mempunyai keunggulan baik dari desainnya yang sanggup menunjang kawasan sekitarnya menjadi tampak lebih modern dan tatanan kota menjadi semakin bergaya dan dari segi keawetan yang tentunya akan lebih kokoh dan awet.

Dibutuhkan Tactile paving yang berkualitas supaya bisa memperoleh manfaat yang semaksimal mungkin dari pemakaian Tactile paving block tersebut bagi para penyandang disabilitas ataupun untuk pengguna jalan lainnya.

Related Posts