Home Uncategorized Pemilihan Filosofi Warna-warna Pada Logo Brand Ternama

Pemilihan Filosofi Warna-warna Pada Logo Brand Ternama

by Happy Puspa

Setiap pemilik bisnis dan seorang desainer grafis wajib studi sadar makna filosofi dan makna tiap-tiap makna warna dalam logo. Karena warna senantiasa menjadi elemen kunci didalam sebuah desain logo, hal ini terkait bersama mekanisme persepsi visual manusia.

Warna secara tidak langsung terhitung sanggup merangsang perasaan tertentu yang sanggup merubah pendapat seseorang perihal brand tersebut.

Tetapi wajib diingat bahwa makna warna didalam sebuah logo kadang waktu tidak punya makna serupa di semua grup masyarakat.

Misalnya, di Amerika Serikat, warna merah, putih, dan biru sering terlihat terhadap logo perusahaan yang menghendaki menghidupkan perasaan patriotik cocok bersama filosofi warna terhadap bendera Amerika. Oleh karena itu masyarakat negara lain pasti akan punya serangkaian warna berbeda untuk menghidupkan perasaan patriot.

Memilih warna logo organisasi adalah ketetapan perlu karena implikasi jangka panjangnya dan perannya didalam menciptakan diferensiasi di antara logo pesaing.

Menurut para ahil, terkandung sebagian metodologi untuk mengidentifikasi warna logo potensial didalam sektor industri adalah pemetaan warna, di mana warna logo yang tersedia diidentifikasi secara sistematis, dipetakan, dan dievaluasi (O’Connor, 2011).

Penelitian menunjukkan bahwa sampai 85% kastemer yakin bahwa warna adalah motivator terbesar untuk memilih product tertentu, kala 92% mengakui penampilan visual sebagai faktor pemasaran yang paling persuasif secara keseluruhan.

Air Asia, Honda, The North Face (Merah)

Merah adalah warna yang paling sering menarik perhatian. Warna memilki karateristik merangsang saraf, kelenjar adrenal (endokrin) dan saraf sensorik.

Warna merah terhitung paling ampuh untuk merangsang dan meningkatkan energi fisik, memperkuat motivasi, meningkatkan sirkulasi, dan terkait bersama seksualitas. Merah terhitung menghidupkan emosi dan menciptakan perasaan kegembiraan atau intensitas.


Cadbury, Yahoo (Logo Warna Ungu)

Warna yang jarang terlihat di kehidupan sehari-hari, memicu warna ungu sering punya interpretasi yang dekat bersama imajinasi, spiritualitas, dan sisi misterius.

Itu sebabnya, pemanfaatan warna ungu sanggup menarik perhatian, pancarkan kekuatan–bahkan tidak lepas dari kesan lain, seperti ambisius, independen, kebijaksanaan, visioner, apalagi kemewahan. Sayang, pemanfaatan warna ungu secara berlebihan terhitung punya sisi negatif dan punya kesan kurang detil dan “kesendirian”.


Chupa Chups, Lamborghini, Nikon (Kuning)

Kuning adalah warna cerah yang sanggup menarik banyak perhatian. Warna ini berguna untuk menandakan sebuah pemberitahuan, seperti cahaya kedua lampu rem yang berada terhadap kendaraan bermotor.

Warna cerah ini terhitung merangsang otak dan juga memicu Anda lebih waspada dan tegas. Disamping itu, warna kuning adalah warna yang ceria dan mengasyikkan dan juga penuh energi.


JBL, Orange, The Home Depot (Orange)

Oranye merupakan gabungan antara warna merah dan kuning. Warna oranye berikan kesan hangat dan bersemangat dan juga merupakan symbol dari petualangan, optimisme, yakin diri dan kapabilitas didalam bersosialisasi.

Hal ini karena bahwa warna oranye adalah peleburan dari warna merah dan kuning, sama-sama berikan dampak yang kuat dan hangat.

Philips, Samsung (Logo Warna Biru)

Biru adalah warna yang sanggup meningkatkan nafsu makan untuk itu tidak jarang warna imi terlihat terhadap sebuah piring. Warna biru ternyata terhitung sanggup memperlambat denyut nadi dan suhu tubuh lebih rendah.

Selain itu, warna biru yang kuat (biru tua) akan merangsang asumsi yang jernih dan biru muda akan menenangkan anggapan dan menolong konsentrasi. Biru sering di sebut warna logo korporasi karena hampir semua perusahaan pakai biru sebagai warna utamanya.


Spotify, Tropicana (Logo Warna Hijau)

Warna hijau adalah warna yang sama juga bersama alam dan juga paling sering terlihat di alam lewat warna daun tanaman. Warna hijau sanggup berikan kondisi yang santai.

Selain itu, berdasarkan cara pandang pengetahuan psikologi warna hijau sangat menolong seseorang yang berada didalam kondisi tertekan untuk menjadi lebih sanggup didalam menyeimbangkan emosi dan memudahkan keterbukaan didalam berkomunikasi.

Related Posts