Home Uncategorized Pemutihan Pajak Kendaraan: Arah, Persyaratan dan Contoh

Pemutihan Pajak Kendaraan: Arah, Persyaratan dan Contoh

by Happy Puspa

Dalam ketentuan pemerintahan, ada banyak tipe kendaraan motor yang dikenakan pajak. Pemilik harus membayar pajaknya ke lembaga berkaitan secara periodik, supaya tidak dikenai denda. Jika terlambat bayar atau mungkin tidak membayar, karena itu tiap periode waktu tertentu denda yang dikenai akan semakin. Karena itu, beberapa pemilik kendaraan yang menyongsong senang pemutihan pajak kendaraan.

Pemutihan Pajak Kendaraan: Arah, Persyaratan dan Contoh

Dalam undang-undang pasal 1 angka 12 dan 13 No.28 tahun 2009, disebut jika ada pajak atas pemilikan dan atau kepenguasaan kendaraan motor. Selanjutnya, dalam realisasinya tiap orang atau tubuh yang mempunyai kendaraan dikenai pajak atas pemilikan dan atau kepenguasaan kendaraan itu. Untuk kendaraan motor kelompok eksklusif juga ketentuan pajaknya yang tercantum pada Keputusan Menteri Keuangan 355/KMK.03/2003 tanggal 11 Agustus 2003. Minimal ada sepuluh jenis tipe kendaraan motor yang dikenai pajak pemasaran.

Maka check tipe kendaraan yang kamu punyai ya, supaya tahu besaran pajak yang semestinya. Namun bila kamu kebingungan, ada langkah gampang memeriksanya yakni dengan menyaksikan surat pemilikan yang umumnya diikutkan saat pembelian kendaraan motor. Nanti kamu akan mengetahui kapan harus bayar pajak berikut dengan dendanya bila terlambat.

Lalu, apa hubungan dengan pemutihan pajak kendaraan? Yok, baca pembahasan Qoala di bawah ini.

Sepintas Mengenai Pemutihan Pajak Kendaraan

Sumber Photo: Wisyandi tamrin Lewat ShutterstockApa kamu pernah dengar mengenai pemutihan pajak kendaraan? Tahukah kamu apa faedahnya? Berikut rincian singkat berkenaan pemutihan pajak kendaraan yang penting kamu ketahui.

  1. Pemahaman Pemutihan Pajak Kendaraan

Pemutihan pajak ialah penghilangan atau pengampunan denda pajak yang ditanggung pada pemilik kendaraan. Pemutihan kerap dilaksanakan oleh pemerintahan untuk mengurangi beban pajak kendaraan dalam masyarakat.

Maka tidak boleh salah pengertian bila kelak harus tetap bayar. Karena, pemutihan ini cuman hapus dendanya saja, dan besaran nilai pajaknya masih sama dan tetap harus dibayar.

Misalkan, kamu punyai motor yang telah melalui batasan pembayaran pajaknya. Nach, jika turut program pemutihan, kamu tidak dikenai denda atas ketertinggalan bayar, kamu cukup bayar pajak umumnya saja.

  1. Pajak Kendaraan

Pada kendaraan motor, umumnya ada dua jenis, yakni pajak yang tiap tahun harus dibayar dan pajak yang dibayar tiap 5 tahun. Untuk pajak tahunan, bisa dibayar saat mengurusi Surat Pertanda Nomor Kendaraan (STNK). Dan pajak per 5 tahun, akan dikenai sekaligus dengan tukar nomor pelat kendaraan.

Besarnya nilai pajak kendaraan ini bervariatif, bergantung tipe, tahun, dan pemilikan yang ke berapakah . Maka, tidak boleh kaget saat menyaksikan STNK (Surat Pertanda Nomor Kendaraan) punya seseorang, rupanya besaran pajaknya berbeda.

  1. Dasar Pemutihan Pajak Kendaraan

Pada intinya, semua wilayah di Indonesia mempunyai agenda periodik untuk pemutihan pajak kendaraan motor. Ini secara hukum boleh-boleh saja, karena mempunyai dasar dalam penerapan kemudahan pajak satu ini.

Bahkan juga, pada ketentuan pemerintahan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 pasal 74, diterangkan jika pemilik kendaraan motor harus mengurusi dan membayar pajaknya saat sebelum periode habis 2 tahun. Bila sampai 2 tahun belum perpanjang, karena itu statusnya dihapus dan kendaraan yang dipunyai jadi kendaraan bodong.

Maka dari itu, berkenaan pajak satu ini kamu jangan abai, ya. Saat sebelum habis periode berfungsinya, berharap selekasnya membayar dan jika ada info tentang pemutihan, selekasnya gunakan untuk memudahkan pembayaran.

Arah Pemutihan Pajak Kendaraan

Pajak kendaraan motor seperti yang sudah dibahas dalam ulasan awalnya ada dua jenis, yakni pajak tahunan atau PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dan pajak per 5 tahun atau BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor). Karena ada pemutihan pajak kendaraan, karena itu mempunyai faedah double, yakni untuk harus pajak dan pemerintahan. Apa arah dan faedahnya?

  1. Untuk Harus Pajak

Karena ada pemutihan, karena itu harus pajak dapat enteng dalam bayar ongkos yang ditanggung. Disamping itu, harus pajak dapat melegalkan kendaraannya tak perlu khawatir, bila di masa datang ada permasalahan berkaitan validitas.

Maka sangat penting pemutihan ini untuk pemilik kendaraan supaya semakin nyaman dan enteng ongkos yang perlu dikeluarkan. Ditambah lagi, pemutihan ini dapat juga bersihkan nama harus pajak, bila terganjal kasus berkaitan penyimpangan pajak kendaraan yang telah mati.

  1. Untuk Lembaga

Pemutihan ini banyak memiliki faedah untuk lembaga berkaitan, misalnya:

  • Jadikan harus pajak lebih patuh kembali
  • Menambahkan penghasilan karena melalui lajur pajak kendaraan motor
  • Menambahkan penghasilan di wilayah tempat penyelenggaraan pembayaran pajak
  • Tingkatkan kepatuhan harus pajak supaya tidak tunda kembali
  • Menggerakkan harus pajak untuk selekasnya membayar pajak terlambat atau yang telah melalui jatuh termin

Maka ada beberapa arah dari ada pemutihan pajak kendaraan yang umumnya diadakan secara periodik oleh tiap wilayah.

Waktu Pemutihan Pajak Kendaraan 2021

Lalu kapan pemutihan pajak kendaraan 2021? Tiap wilayah mempunyai agenda yang berbeda. Karena itu, silahkan baca dalam perincian di bawah ini.

  • Jambi

Berdasar pada Keputusan Gubernur Jambi No.17/Kep.Gub/Bakeuda.2.2/2021 tanggal 4 Januari 2021 sampai 30 Juni 2021

  • Lampung

Berdasar pada Ketentuan Gubernur No. 14/2021 mulai 1 April 2021 sampai 30 September 2021.

  • DKI Jakarta

Pemutihan pajak kendaraan Jakarta diberitakan di tahun 2021 ini tidak ada . Maka kamu nantikan saja, mudah-mudahan ada amnesti atau pemutihan berkaitan pajak kendaraan motor.

  • Jawa Barat

Pemutihan pajak kendaraan Depok tidak ada agenda, paling akhir ada di Desember 2020.

  • Jawa tengah

Pemutihan pajak kendaraan Jawa tengah menurut Ketentuan Gubernur (Peraturan gubernur) Nomor 5 Tahun 2021 mengenai Pembebasan Ancaman Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor untuk warga Jawa tengah berlaku mulai 1 Mei 2021 sampai 06 September 2021.

  • D.I. Yogyakarta

Berdasar pada Ketentuan Gubernur Wilayah Spesial Yogyakarta No. 26 tahun 2020 berkenaan penghilangan ancaman administratif pajak kendaraan motor dan bea balik nama kendaraan motor tahun 2020 berlaku sampai 30 Juni 2021.

  • Jawa Timur

Untuk daerah Surabaya ada pemutihan pajak kendaraan sampai 24 Juni 2021.

Selainnya wilayah yang sudah disebut sebelumnya, sampai sekarang ini tidak ada info yang jelas kapan agenda pemutihan pajak kendaraan secara persisnya. Karena itu, saat ada pemutihan, kamu harus gerak cepat dan memakainya sebagus mungkin.

Persyaratan Pemutihan Pajak Kendaraan

Sumber Photo: Abm p.poed Lewat ShutterstockAgar proses pengurusan pemutihan pajak atau pemutihan stnk berjalan mulus, karena itu pemilik kendaraan atau yang dikasih kuasa sebaiknya mempersiapkan peralatannya. Apa sajakah?

  1. Catatan Saat sebelum Mengurusi Pemutihan

Harus pajak harus lengkapi syarat sama sesuai info berikut ini. Bila syarat dipastikan tidak komplet di saat pengecekan syarat di Samsat, karena itu harus pajak dikasih peluang untuk lengkapi syarat dan mendaftarkan online kembali. Untuk semuanya syarat pemutihan pajak kendaraan harus di foto copy sekitar dua rangkap.

  1. Persyaratan untuk Ekstensi STNK

Berikut persyaratan pemutihan pajak kendaraan.

  • Isi Formulir Registrasi
  • Menyertakan pertanda bukti identitas pemilik dengan ketetapan:

Untuk Perseorangan, terdiri dari:

  • Kartu Pertanda Warga (KTP)
  • Surat kuasa bermaterai cukup, untuk yang diwakili oleh seseorang

Untuk Tubuh Hukum, terdiri dari:

  • Surat kuasa bermaterai cukup, memakai kop surat tubuh hukum dan diberi tanda tangan oleh pimpinan dan stampel cap tubuh hukum yang bersangkutan;
  • Fotocopy KTP yang dikasih kuasa;
  • Surat info domisili;
  • SIUP/NIB dan NPWP yang dilegalisasi;

Untuk lembaga pemerintahan, terdiri dari:

  • Surat kuasa bermaterai cukup, memakai kop surat lembaga pemerintahan dan diberi tanda tangan oleh pimpinan dan stempel/cap lembaga terkait;
  • Menyertakan Fotocopy KTP yang dikasih kuasa
  • STNK Asli dan Photo Copy
  • BPKB Asli dan Foto copy atau dalam soal BPKB jadi agunan bank, harus diikutkan surat bukti pengagunan BPKB dan/surat info bermaterai cukup dari faksi Kreditur
  • Info membuka blokir dalam soal STNK ada dalam status blokir
  • Hasil pengecekan check fisik ranmor
  1. Persyaratan Untuk Pemutihan Pajak Kendaraan

Bila akan lakukan pemutihan pajak atas kendaraan motor, karena itu syarat berikut sebaiknya disanggupi, supaya proses pengurusan bisa berjalan mulus. Berikut detilnya.

  • STNK – Surat Pertanda Nomor Kendaraan : baik yang asli dan foto copy
  • KTP – Kartu Pertanda Warga : atas nama pemilik kendaraan asli dan foto copy
  • BPKB – Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor : baik yang asli dan foto copy
  • Mengumpulkan menjadi satu dalam map warna kuning untuk tipe kendaraan sepeda motor
  • Mengumpulkan menjadi satu dalam map warna merah untuk tipe kendaraan mobil
  • Uang pembayaran pajak dasar sama sesuai besaran yang diwajibkan.

Harus dipahami jika pembayaran pada tipe pajak ini bisa kamu kerjakan di di Samsat paling dekat atau sama sesuai penerbitan STNK dan BPKB kendaraan punya kamu. Misalkan saja kamu berada di daerah Surabaya, kamu harus melunasinya lewat Samsat Surabaya. Bila kamu domisili di Surabaya tetapi kendaraan motor aslinya dari Bali, karena itu kamu tetap dapat mengurusinya di Surabaya.

Contoh Perhitungan Pemutihan Pajak Kendaraan

Supaya tidak salah penghitungan saat informasi dari Samsat berkenaan pemutihan sudah launching, karena itu kamu dapat meniru langkah penghitungan di bawah ini.

  1. Istilah-Istilah Yang Harus Dijumpai
  • Bea Balik Nama kendaraan motor atau BBN KB.

Besarnya ongkos ini ialah 10 % dari harga kendaraan (off the road) atau harga faktur untuk kendaraan baru. Dan untuk kendaraan sisa, karena itu besarnya ialah 2/3 dari harga.

  • PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor.

Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB. Besarnya ialah 1,5 % dari harga jual kendaraan dan ini memiliki sifat makin turun besarannya dalam tiap setiap tahunnya, karena penyusutan harga jual.

  • Bantuan Harus Dana Kecelakaan Lalu Lintasi Jalan atau umum dipersingkat dengan WDKLLJ.

Besarnya telah ditetapkan dengan cara tepat.

  1. Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Untuk kamu yang sudah jatuh termin dari masa aktif STNK dan belum lakukan ekstensi, karena itu kamu akan dikenakan denda PKB dan denda SWDKLLJ. Maka dari itu, bila ada agenda pemutihan pajak kendaraan, selekasnya urus supaya enteng ongkosnya. Kamu juga tak perlu keluarkan bujet berlebihan. Misalkan saja bisa kamu saksikan pada contoh penghitungan denda berikut:

Harus dipahami jika denda OKB ialah sejumlah 25% /tahun. Sebagai contoh, kamu punyai motor yang jatuh termin pada 20 Januari. Lantas, kamu akan memberinya pada 6 bulan selanjutnya. Karena itu, perhitungannya ialah:

PKB x 25% x 6/12 dan ditambah lagi denda Bantuan Harus Dana Kecelakaan Lalu Lintasi Jalan atau WDKLLJ Rp 30.000.

Cukup kan? Maka dari itu, bila ada pemutihan karena itu selekasnya urus untuk memotong ongkos denda itu. Namun, janganlah lupa jika besaran pajak yang perlu dibayar ialah masih tetap.

  1. Contoh Penghitungan Ongkos Pajak Mobil

Ketetapan atau perhitungan ongkos pajak mobil ialah sejumlah 2% untuk mobil pertama.

Nilai jual mobil (2/3 -nya harga baru) x Pajak progresif = Rp 200. 000. 0000 x 2% = Rp 4.000. 000

Ditambahkan ongkos Bantuan Harus Dana untuk Kecelakaan Lalu Lintasi Jalan (SWDKLLJ) sejumlah Rp 143.000, karena itu keseluruhan PKB yang perlu dibayar oleh harus pajak ialah Rp 4.143.000

  1. Contoh Penghitungan Ongkos Pajak Motor

Motor sebagai pemilikan ke-2 hingga terserang pajak progresif sejumlah 2,5% dan ini ialah type motor bebek tahun 2015. Karena itu perhitungannya:

Nilai jual motor (telah 2/3 nya dari harga baru) x Pajak progresif = Rp 15.000.000 x 2.5 % = Rp 375. 000

Lebih ongkos Bantuan Harus Dana untuk Kecelakaan Lalu Lintasi Jalan atau SWDKLLJ sejumlah Rp 35.000. Karena itu Keseluruhan PKB yang perlu dibayar oleh harus pajak ialah Rp 410.000

Langkah Memeriksa Besaran Pajak

Lupa bayar pajak kendaraan sebagai suatu hal yang fatal. Kamu dapat dikenai denda. Maka dari itu, kerjakan pengujian pajak secara periodik supaya tak lupa. Berikut langkah cara memeriksa besaran pajak yang penting kamu ketahui.

  1. Lewat Situs Sah Punya Samsat

Yang diartikan Samsat di sini yaitu samsat di tempat yang berada di daerahmu. Sampai ini hari, baru ada banyak Samsat yang terverifikasi mempunyai situs sah, yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau. Kamu dapat memeriksanya dengan:

  • Membuka situs Samsat yang diartikan.
  • Isi kolom dengan data nopol kendaraan dan NIK yang tertera pada STNK.
  • Tentukan Proses. Bila ada kolom captcha, karena itu isi sesuai yang tercatat.
  • Tunggu hingga ada jumlah pajak yang perlu dibayar.
  1. Lewat SMS

Sama dengan awalnya, langkah ini cuman dapat dilaksanakan untuk beberapa daerah tertentu saja, yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Perlu digaris bawahi jika langkah ringkas ini cuman dapat kamu kerjakan untuk memeriksa pajak tahunan saja, tidak terhitung pemutihan pajak kendaraan. Berikut langkah yang dapat kamu kerjakan untuk pengujian:

  • Untuk daerah Jawa Timur, tuliskan JATIM (spasi) nomor polisi kendaraan, lalu kirimkan ke nomor 7070. Nantikan pesan pernyataan dari operator.
  • Untuk daerah Jawa Barat, tuliskan poldajabar (spasi) nomor polisi kendaraan, lalu kirimkan ke nomor 3977. Nantikan sesaat sampai pesanmu dibalas.
  • Untuk daerah DKI Jakarta, tuliskan METRO (spasi) nomor polisi kendaraan, lalu kirimkan ke nomor 1717. Tidak perlu waktu yang lama menanti, info yang kamu harap akan masuk ke handphone.
  1. Lewat Program Khusus

Langkah paling akhir untuk pengujian pajak kendaraan ini termudah dan ringkas ialah lewat program khusus check pajak kendaraan. Triknya seperti berikut.

  • Unduh program Samsat Online Nasional pada Playstore.
  • Catat data diri dan data kendaraan pada kolom yang telah disiapkan.
  • Click Registrasi.
  • Isi formulir dengan ikuti perintah yang ada di program.
  • Apabila sudah usai, karena itu kamu akan mendapat info yang diharapkan, yaitu berbentuk besaran pajak, dan tanggal jatuh termin pajak dan STNK.

Itu pembahasan komplet berkenaan pemutihan pajak kendaraan dan dengan penghitungannya. Pastikanlah kamu memeriksa besaran pajak secara periodik dan bayar pajak on time supaya tidak dikenai denda. Selainnya bayar pajak, kamu perlu membuat perlindungan kendaraan dengan beli produk asuransi. Sekarang ini telah ada beragam jenis produk asuransi kendaraan dengan semua faedahnya. Yok, peroleh asuransi kendaraan terbaik di Qoala App!

kunjungi juga chord gitar indonesia

Related Posts