Home Uncategorized Pengertian Tesis Menurut Para Ahli

Pengertian Tesis Menurut Para Ahli

by Happy Puspa

Di program sarjana tentu tidak asing bersama dengan karya ilmiah yang kerap kami kenal bersama dengan skripsi. Sedangkan tesis adalah karya ilmiah sebagaimana makna skripsi tapi diperuntukan untuk pascasarjana sehingga sebagai syarat untuk mendapatkan gelar magister. Meskipun skrispsi dan tesis hampir mirip tapi pada dasarnya ketiga hal tersebut berbeda.

Skripi diperuntukan untuk S1, tesis diperuntukan untuk S2. Selain perbedaan tersebut terhitung tingkat kedalamannya tidak sama meskipun sama-sama suatu karya ilmiah. Jenis-jenis penelitian didalam tesis lebih banyak variasi di banding bersama dengan skripsi. Jika skrispsi kebanyakan hanya penelitian kuantitatif, kualitatif ataupun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) maka penelitian di jasa tesis kedokteran terkandung penelitian RnD, penelitian evaluatif, dan lain sebagainya. Cara penulisan tesis terlalu terkait pada tipe penelitiannya, sehingga berbeda-beda


Tesis

Secara lazim tesis adalah unsur karya tulis ilmiah panjang yang kebanyakan digunakan untuk merangkum ilmu yang dipelajari didalam program master. Pendidikan pascasarjana kerap memerlukan tesis bagi mahasiswa didalam gelar berorientasi penelitian untuk menerapkan keterampilan praktis mereka sebelum akan menggapai puncaknya.

Pengertian Tesis

Tesis adalah karya tulis ilmiah sebagai bukti kebolehan akademik mahasiswa didalam penelitian dan pengembangan keilmuan pada salah satu bidang keilmuan yang tengah ditempuh. Tesis merupakan karya ilmiah yang didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar magister.

Karya ilmiah tersebut digunakan untuk mengevaluasi kebolehan mahasiswa didalam mengidentifikasi, memecahkan persoalan secara ilmiah dan juga mengimbuhkan kebaruan ilmu (novelty) didalam lakukan penelitian.

Pengertian Tesis Menurut Para Ahli

Adapun definisi tesis menurut para ahli, antara lain:

Kamus Besar Bahasa Indonesia
Tesis adalah:

Pernyataan atau landasan teori yang dapat dukungan oleh argumen yang dikemukakan didalam karangan untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pada perguruan tinggi
Karangan ilmiah yang ditulis untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pada suatu kampus (perguruan tinggi).

Related Posts