Home Artikel Ini Dia Perbedaan Antara Kelapa Hijau dan Kelapa Muda
macam-macam buah kelapa

Ini Dia Perbedaan Antara Kelapa Hijau dan Kelapa Muda

by Happy Puspa

Perbedaan antara kelapa hijau dan kelapa muda – Kelapa (Cocos nucifera) ialah tanaman tropis yang termasuk ke dalam suku pinang-pinangan (Arecaceae). Pohon kelapa pada umumnya tumbuh subur di daerah pesisir pantai. Namun kini sudah banyak pohon kelapa yang dibudidayakan di berbagai daerah. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari kegunaan pohon ini yang begitu banyak.

Khususnya buah kelapa juga memiliki manfaat di semua bagiannya. Lapisan kulitnya dapat diolah menjadi pupuk kompos, serabut kelapa bisa digunakan sebagai media tanam bagi tumbuh-tumbuhan, tempurung kelapa bisa dibuat menjadi arang bakar, daging buah kelapa merupakan bahan baku dalam pembuatan santan dan minyak kelapa yang sebelumnya diproses terlebih dahulu menggunakan mesin parut kelapa, serta air kelapa yang menjadi minuman pelepas dahaga. Kesimpulannya adalah pohon kelapa merupakan tanaman yang memiliki sejuta manfaat.

Sudah terbukti ada banyak orang yang suka meminum air kelapa karena rasanya yang memang menyegarkan. Sampai saat ini banyak penjual air kelapa di pinggir-pinggir jalan raya bahkan restoran. Terdapat dua jenis kelapa yang biasa di jual untuk di ambil airnya yaitu kelapa ijo/hijau dan kelapa muda. Kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli buah kelapa hijau meskipun harganya sedikit lebih mahal. Kelapa ini memang berbeda jika dibandingkan dengan kelapa muda.

perbedaan antara kelapa hijau dan kelapa muda

Perbedaan Antara Kelapa Hijau dan Kelapa Muda

Berikut ini merupakan perbedaan antara kelapa hijau dan kelapa muda :

Kelapa hijau memiliki kandungan air yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kelapa muda. Oleh karena itu, air pada kelapa hijau lebih menyegarkan. Rasa air dari buah kelapa hijau lebih manis. Sedangkan rasa manis pada kelapa muda samar-samar karena bercampur dengan rasa gurih. Daging buah kelapa hijau memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Berbeda dengan daging buah kelapa muda yang teksturnya sedikit agak keras.

Kelapa hijau mengandung lapisan daging buah yang lebih tipis daripada kelapa muda. Semakin tua usianya, maka lapisan daging pada buah kelapa muda akan semakin tebal. Kelapa hijau memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dari kelapa muda sehingga dapat dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Berbeda dengan kelapa muda, kelapa hijau sering kali digunakan pada upacara keagamaan. Kelapa muda ini juga sering digunakan sebagai sesajen.

Buah kelapa hijau di banderol dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kelapa muda. Bahkan selisih harganya bisa mencapai dua kali lipat. Walalupun harganya lebih mahal dibandingkan kelapa muda, bahkan bisa lebih mahal sekitar dua kali lipat dibandingkan dengan harga kelapa muda, kelapa hijau tetap diminati oleh banyak orang karena rasa air kelapanya lebih manis dari kelapa muda.

Kelapa hijau ialah salah satu jenis dari berbagai spesies yang ada. Secara fisik sangat sulit untuk membedakan mana kelapa hijau dan mana yang kelapa biasa. Tapi, setelah di belah, baru terlihat dimana perbedaannya. Kelapa hijau jika di kupas, seratnya dominan berwarna merah. Rasa airnya cenderung pahit, tidak seperti air kelapa hijau yang segar meskipun tidak di campur dengan gula.

Tak hanya itu saja, kelapa hijau juga lebih banyak mengandung nutrisi jika dibandingkan dengan kelapa muda, dan bisa dijadikan sebagai obat untuk penyakit tertentu, misalnya demam berdarah dan kencing batu.

perbedaan antara kelapa hijau dan kelapa muda

Manfaat Air Kelapa Hijau Untuk Tubuh

Nah, berikut ini merupakan ulasan singkat dari manfaat air kelapa hijau untuk tubuh kita.

Mengatasi sakit kepala

Tak hanya sebagai penawar racun saja, Air kelapa hijau juga bisa mengatasi sakit kepala yang mungkin sedang kamu alami. Kandungan magnesium yang tinggi pada air kelapa hijau ini sudah terbukti ampuh dapat mengatasi rasa sakit di bagian kepala.

Menyembuhkan alergi pada kulit 

Air kelapa hijau juga bisa mengatasi alergi kuli, mengapa demikian? Hal itu dapat tejadi karena air kelapa hijau dapat mengurai virus, bakteri dan jamur yang menyebabkan alergi pada kulit. Nah, akan lebih efektif lagi jika kamu mengonsumsi air kelapa hijau ini bersamaan dengan penggunaan salep agar alergi kulit yang sedang kamu alami dapat segera teratasi dan sembuh.

Begitu banyak manfaat air kelapa hijau bukan? Maka tak heran jika saat ini banyak orang yang mulai meminum air kelapa hijau. Jika tesedia obat yang alami, untuk apa kita membeli obat-obatan kimia yang terkadang mempunyai efek samping bagi tubuh kita.

Menetralisir racun dalam tubuh 

Jika kamu keracunan makanan, maka sebaiknya kamu meminum air kelapa hijau, mengapa? Karena kandungan yang tedapat pada air kelapa hijau diyakini bisa menetralisir racun dalam tubuh kamu. Air kelapa hijau mengandung antidotum (anti racun) dan tanin yang sangat tinggi, serta kandungan zat kimianya yang menonjol berupa enzim, yang dapat mengurai racun yang ada pada tubuh, sehingga racun pun dapat segera dikeluarkan dari dalam tubuh kamu.

Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting pada tubuh, dan untuk menjaga kesehatannya disarankan untuk rutin mengonsumsi air kelapa hijau. Dengan rutin mengonsumsi air kelapa hijau, maka kesehatan ginjalmu dapat terjaga.

Menjaga kesehatan jantung

Tak hanya bisa menjaga kesehatan ginjal saja, air kelapa hijau juga dapat menjaga kesehatan jantung kamu, karena air kelapa hijau mengandung banyak vitamin yang baik bagi kesehatan jantung.

Mengatasi rambut rontok

Rambut kamu sering mengalami kerontokan? Sebaiknya coba gunakan saja air kelapa hijau dalam upaya mengatasinya, karena kandungan laktuosa, glukosa, sakrosa dan mineral yang tedapat pada air kelapa hijau, terbukti sangat ampuh dalam mengatasi rambut yang rontok karena ketombe.

Cara menggunakan air kelapa hijau ini untuk mengatasi rambut rontok sangat mudah, yaitu cukup hanya dengan menyampurkan garam ke dalam air kelapa hijau hingga semalaman. Setelah didiamkan semalaman, selanjutnya usapkan air kelapa hijau tersebut pada kepala kamu, dimulai dari kulit kepala hingga ujung rambut, lalu pijat-pijat sekitar selama10 menit. Setelah selesai dipijat, lalu bungkus rambut dengan handuk dan diamkan semalaman, kemudian bilas di keesokan harinya dengan menggunakan air hangat.

Related Posts