Home Uncategorized Pihak Profesional untuk Kerjasama dalam Digital Marketing

Pihak Profesional untuk Kerjasama dalam Digital Marketing

by Happy Puspa

Untuk mengoptimalkan strategi digital marketing, sebenarnya tidak harus kita kerjakan sendiri jika memang kita tidak memiliki kapasitas di sana. Sangat bagus memang jika kita mau mengerjakan sendiri, namun jika kita benar-benar mampu saja. Jika tidak, ya jangan dipaksakan.

Gandenglah pihak profesional yang bisa membantu strategi pemasaran digital agency jakarta. Seperti yang saya kerjakan saat harus membuat website pertama kali, saya meminta tolong web developer untuk membuatkannya. Atau pada saat saya butuh mengoptimasi website agar muncul di halaman pencarian Google, saya menggunakan jasa seorang copywriter untuk memproduksi artikel-artikel di website saya.

Jika memang sahabat UKM memiliki keterbatasan di kapasitas, maka ‘berkolaborasilah’. Berikut diantaranya beberapa kerjasama yang bisa dilakukan dalam digital marketing:

  • Menggunakan jasa desainer untuk mendesain beberapa kampanye di media sosial.
  • Menggunakan jasa fotografer untuk menghasilkan foto produk yang bagus agar calon konsumen tertarik membeli.
  • Menggunakan jasa web developer jika mau membuat website untuk memasarkan produk.
  • Menggunakan jasa copywriterjika butuh konten untuk mengisi website.
  • Menggunakan jasa endorser seperti Selebgram ataupun Youtuber untuk memasarkan produk.
  • Menggunakan jasa digital agency untuk membantu pengelolaan strategi digital marketing khususnya pada konten media sosial dan iklan berbayar. Digital agency sendiri merupakan sebuah usaha yang memiliki layanan yang dapat membantu perusahaan lain dalam merencanakan dan menjalankan serta menyajikan laporan dari pelaksanaan strategi digital marketing untuk produk atau jasa mereka.

Kelebihan kita berkolaborasi dengan pihak profesional, tentu kita akan mendapatkan hasil pekerjaan yang bisa saya katakan lebih bagus dibandingkan yang kita kerjakan sendiri. Karena memang mereka itu ahli di bidangnya. Pekerjaan yang dikerjakan oleh ahlinya akan membuahkan hasil yang bagus. Saya pribadi sangat meyakini itu. Sehingga untuk beberapa pekerjaan saya lebih memilih untuk menyerahkannya kepada mereka.

Kekurangan dalam bekerjasama dengan para pihak profesional tersebut biasanya terlalu mahal di harga jasanya, terutama bagi para pelaku UKM. Selain itu, kita sebagai pengguna jasa biasanya harus melakukan komunikasi berulang kali karena yang dihasilkan oleh pihak profesional belum tentu sesuai dengan ekspektasi yang kita inginkan. Itu artinya, kita lebih banyak membuang waktu. Walaupun begitu, sebenarnya hal-hal di atas bisa kita kurangi jika pada saat negosiasi awal, jelas mana yang harus dikerjakan mana yang tidak.

Related Posts