Home Uncategorized Prakarya Memanfaatkan Serat Kelapa

Prakarya Memanfaatkan Serat Kelapa

by Happy Puspa

Prakarya Memanfaatkan Serat Kelapa

Prakarya memanfaatkan serat kelapa, serat kelapa atau yang biasa disebut dengan sabut kelapa ini memiliki banyak manfaat, sebelum masuk pada bagian contohnnya, kita mulai dulu dari pengertian pohon kelapanya.

Pohon Kelapa

Keunggulan Pohon Kelapa. Pohon yang memiliki nama lain Cocos Nucifera ini berasal dari benua Asia, sering ditemukan pada pantai yang berpapasan langsung dengan Samudera Hindia. Namun sekarang pohon ini sudah dapat ditemukan di berbagai belahan dunia luar. Dan banyak yang mengira hanya bagian buahnya saja yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Keunggulan Pohon Kelapa

Pohon kelapa merupakan tanaman yang bisa dimanfaatkan semua bagiannya, karena dapat dimanfaatkan hampir semua bagiannya, maka dari itu pohon kelapa dapat dikatakan sebagai “Zero Waste”.

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan garis pantai terluas di dunia tentunya memiliki sumber daya pohon kelapa yang tak terhitung jumlahnya. Namun, pemanfaatannya yang kurang membuat negara yang terkenal dengan pohon palem yang melambai-lambai itu tampak miskin sumber daya.

Contoh Produk Kelapa Murni

  1. Minyak kelapa murni
  2. Sabut kelapa
  3. Isotonic water
  4. minyak kelapa mentah
  5. minyak goreng kelapa

Keunggulan Pohon Kelapa

Banyaknya keunggulan pohon kelapa yang dapat menjadi berbagai macam kerajinan dan bermanfaat untuk sekitar serta ramah lingkungan, antara lain yaitu digunakan untuk menjadi pemanfaatan untuk membuat cocomesh, cocopot, cocofiber, cocorope, cocosheet, cocopeat, dan masih banyak lagi. Berikut dibawah ini adalah contoh penjelasan dari pemanfaatan pohon kelapa yang lain.

Prakarya Memanfaatkan Serat Kelapa

Dibawah ini adalah beberapa contoh pemanfaatan serat kelapa atau sabut kelapa.

Cocomesh

prakarya memanfaatkan serat kelapa

Cocomesh atau biasa disebut juga dengan Jaring Sabut Kelapa adalah material berbentuk jaring yang dibuat dari bahan sabut kelapa. Material ini sangat ramah lingkungan dalam membantu proses reklamasi suatu tambang, pantai, dan hutan.

Sifat cocomesh

Sifat material cocomesh yang terbuat dari sabut kelapa ini dapat menyimpan air dalam jangka waktu lama, yang meyebabkan permukaan tanah yang ditutup oleh cocomesh ini terjaga kelembabannya. Hal ini mampu berdampak pada struktur tanah pada saat penanaman bibit tanaman.

Pemanfaatan Material Cocomesh

Manfaat dari cocomesh ini telah terbukti mampu menghijaukan lahan bekas tambang , dan hutan yang gundul. Perusaahan konsultan penghijauan sudah mulai beralih untuk menggunakan material alami seperti cocomesh yang diharapkan tidak mencemari lingkungan.

Proses Pembuatan Cocomesh

Dibawah ini akan dijelaskan apa saja alat dan bahan serta bagaimana cara membuat cocomesh

Alat

  • Mesin pengurai sabut kelapa
  • Mesin pemintal sabut

Bahan

  • Sabut kelapa yang sudah cukup tua

Cara Membuat

  1. Siapkan sabut kelapa yang sudah cukup tua.
  2. Giling kulit kelapa menjadi sabut dengan mesin dekomposisi sabut.
  3. Keringkan sabut kelapa yang telah digiling hingga kering.
  4. Ubah sabut menjadi tali dengan mesin pemintal sabut.
  5. Rajut hingga menjadi jaring .
  6. Jaring jaring / cocomesh sudah siap dipakai.

Kelebihan Cocomesh

  • Bahan adalah serat alami
  • Bahan serat yang kuat, bisa bertahan lama tapi bisa terurai secara hayati
  • Mampu menahan air
  • Bisa bertahan kurang lebih 4 tahun
  • Bisa digunakan sebagai pupuk tanah
  • Tidak menimbulkan residu berbahaya
  • Memperbaiki kelembaban tanah
  • Sifat material yang elastis
  • Ketahanan terhadap jamur
  • Mudah dibersihkan

Penerapan Cocomesh

Cocomesh Untuk Penahan Erosi

Lahan miring yang sudah menjadi bekas galian tambang yang tersebar pada daerah-daerah penghasil bahan tambang. Kerusakan yang diciptakan dapat berpotensi menyebabkan tanah longsor, erosi, pengikisan air tanah, bahkan terjadi banjir. Hal itu banyak terjadi di daerah pada pulau Belitong, Berau dan tempat-tempat lainnya.

Penggunaan Cocomesh Untuk Penahan Banjir

Terbukti cukup efektif dalam pencegahan banjir, tanah longsor, seperti yang telah dilakukan oleh salah satu perusahaan bernama Berau Cool di Kaltim. Keunggulan lain dari cocomesh ini dapat dilihat ketika cocomesh sudah dihamparkan, maka media tersebut, sangat mudah untuk menggemburkan tanah bekas galian tambang, sehingga dapat dikatakan sebagai media tanam yang bagus.

Penggunaan Cocomesh Untuk Penahan Longsor

Efektif dalam mencegah longsor ataupun banjir. Dengan mematokan bagian ujung-ujungnya, cocomesh dihamparkan pada lahan bekas galian tambang. pemasangannnya dapat disesuaikan dengan struktur tanah. Bisa miring, atau datar tergantung tingkat kemiringan tanahnya.

Cocopeat

prakarya memanfaatkan serat kelapa

Media tanam organik yang memiliki bahan dasar dari sabut buah kelapa. Termasuk ke dalam media tanam hidroponik yang bersifat organik, cocopeat memiliki Ph antara 5,0 – 6,8 sehingga bisa dibilang cukup baik untuk pertumbuhan tanaman apapun.

Sifat Cocopeaat

Cocopeat mempunyai kemampuan untuk menyerap dan menyimpan air yang cukup tinggi dibandingkan dengan tanah, berpotensi untuk menggantikan tanah lapisan atas.

Proses Pembuatan Cocopeat

Alat

  • Pisau
  • Blender
  • Saringan

Bahan

  • Air
  • Sabut kelapa
  • MOL air cucian beras dan urine kelinci

Cara Membuat

  1. Basahi sabut kelapa.
  2. Potong-potong sabut kelapa hingga kecil.
  3. Jemur potongan sabut kelapa.
  4. Haluskan potongan sabut kelapa.
  5. Saring sabut kelapa.
  6. Campurkan sabut kelapa halus dengan MOL ( campuran 1 liter air, 50 cc (50 ml) urine kelinci, dan 100 cc (100 ml) air cucian beras).
  7. Saring kembali.

Kelebihan Cocopeat

  • Tekstur menyerupai tanah
  • Ramah lingkungan
  • Dapat menyerap air dengan baik
  • Lebih tahan lama
  • Lebih mudah untuk pemula

Spesifikasi Cocopeat

  • – Ukuran 30x30x15cm
  • – Berat 5kg
  • – EC: < 0.5 mS/cm.
  • – Ekspansi Volume: 75 Liters per 5Kg Block
  • – Particle size (Mesh size): < 6 mm
  • – Kandungan Fiber: < 3%

Penerapan Cocopeat

Penggunaan Cocopeat Sebagai Media Tanam

Cocopeat  yang dapat menyimpan dan mempertahankan air 10 kali lebih baik daripada tanah dan pada hal ini sangat baik tentunya bagi tanaman yang tumbuh dengan sistem hidroponik. Karena dapat menjaga air dengan baik, akar tanaman tidak mudah kering dan dapat terhidrasi dengan baik.

Cocorope

prakarya memanfaatkan serat kelapa

Tali sabut atau biasa disebut coir rope biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan. Antara lain yaitu untuk kerajinan, bahan geotextile, pengikat, bahan taman, dan lainnya. Tali sabut ini memiliki beberapa variasi lilitan, atau sering disebut dengan ply. Umumnya untuk tali banyak yang menggunakan 2 ply. Kemudian 3 ply dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan.

Tali  sabut kelapa merupakan bahan dasar untuk membuat aneka kerajinan berbahan dasar sabut kelapa, seperti tali sabut untuk kerajinan, tali sabut untuk tali dadung untuk tali kapal, tali sabut untuk cocomesh dan lain-lain. Dan boleh di katakan tali sabut kelapa merupakan bahan dasar  utama kedua setelah serat sabut kelapa itu sendiri.

Spesifikasi Cocorope

  • Bahan : 100% sabut kelapa
  • Diameter : 3, 5, 7, 9, 10 mm (sesuai kebutuhan)
  • Panjang 140 meter untuk diameter 4-5 per kg
  • Ukuran roll : 1 roll besar (19-24 kg) 1 roll kecil (3kg)
  • Kemampuan Produksi 20-30 ton/bulan

Penerapan Cocorope

Sebagai bahan pembuat cocomesh atau jaring sabut kelapa

Penelitian yang dilakukan terhadap coir geotextile telah memperlihatkan bahwa pemakaiannya lebih baik dan banyak disukai dibanding dari bahan goni atau bahan alam lainnya. Hal ini mengacu pada faktor daya tahan, kekuatan wat, yang lebih bagus serta permukaan bulu kasarnya yang sangat memungkinkan vegetasi mudah tumbuh sehingga ikatan dari tanah menjadi sangat kuat. Coir Geotextile atau Cocomesh sangat ideal untuk aplikasi di lereng bukit, jalan dan tanggul rel.\

Sebagai bahan pembuatan tas dan aksesorisnya

Seperti ulasan  di atas, penggunaan sabut kelapa untuk dijadikan tali sabut kelapa menjadi bahan pembuatan tas bisa dimodifikasi. Berbagai jenis pemrosesan tali sabut kelapa dapat menghasilkan tas yang indah, seperti tas sekolah, tas kerja, tas ukuran kecil yang modis, dan tas belanja. Jika ingin membuat tampilan lebih variatif, anda juga bisa menambahkan aksesoris pendukung untuk menghias tas, sedangkan untuk variasi warna bisa menggunakan cat pakaian.

Sebagai bahan pembuatan mebel atau furniture

Penggunaan tali sabut kelapa untuk perabotan rumah memang patut dicoba. Memang tidak semua orang bisa membuat meja atau kursi dari tali dari sabut kelapa, tapi Anda juga bisa belajar membuatnya. Furniture yang terbuat dari tali sabut kelapa pasti akan terlihat unik dan menarik.

Sebagai bahan kerajinan untuk kebutuhan rumah tangga

Pernahkah Anda melihat peralatan rumah tangga yang terbuat dari tali sabut kelapa? Biasanya kita sering menemukannya di berbagai jenis toko online. Untuk detailnya, ada berbagai jenis contoh hasil produk dari olahan sabut kelapa, misalnya keset lantai, taplak meja, dan masih banyak lagi. Peluang usaha kerajinan sabut kelapa ini bisa membawa hasil yang sangat baik apalagi sekarang bisa berjualan melalui media sosial seperti facebook dan instagram. Jadi tidak perlu punya toko sendiri, anda dapat juga melakukannya dari rumah.

Sebagai bahan dekorasi ruangan

Untuk mempercantik ruangan dengan menggunakan tali sabut kelapa sebagai bahan dekorasi yang cantik. Pada bagian dinding kita bisa menambahkan sentuhan tali kelapa untuk background atau hiasan dinding rumah anda agar lebih menarik. Anda dapat meletakkan tali sabut kelapa pada lampu malam dan lampu utama. Ide kreatif menggunakan tali sabut kelapa sebagai desain kamar berbeda-beda untuk setiap orang, kembangkan sendiri konsep kamar idaman Anda.

Sebagai Media Tanam (rambatan untuk penyangga tanaman)

Tali sabut kelapa dapat digunakan sebagai media rambatan untuk tanaman hias. Biasa disebut turus atau rambatan tanaman ini bisa digunakan pada tanaman hias anda seperti janda bolong, mostera dan semua jenis tanaman philodendron yang anda punya. Dengan menggunakan turus tanaman anda dapat diatur sesuai kreasi anda atau biarkan lurus keatas. Rambatan atau turus yang terbuat dari sabut kelapa juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan tanah dan tanaman anda karena bersifat menahan air.

Cocofiber

prakarya memanfaatkan serat kelapa

Biasa disebut juga dengan serabut kelapa, biasa digunakan untuk memperindah tampilan tanaman serta dapat menjaga kelembaban pada media tanam. Serabut kelapa juga mengandung unsur Kalium ( K ) yang dapat menyuburkan tanaman.

Fungsi Lain Cocofiber

  • Sebagai Penyaring Air.
  • Penetralisir Kolam dari Air dan Bau Semen.
  • Penetralisir Bak Mandi dari Bau Semen.
  • Dan masih banyak lagi kegunaan cocofiber.

Cocosheet

Merupakan lembaran fiber yang terbuat dari sabut kelapa yang dipress dengan bantuan dari karet lateks. Untuk cocosheet sendiri yang digunakan untuk alas sepatu biasanya menggunakan ketebalan 1-1,5cm.

Deskripsi Cocosheet

Pelapis alas sepatu bagian dalam biasanya memakai sheet atau lembaran dari bahan plasti atau busa sintetik. Namun karena kepedulian dari para produsen sepatu akan bahan yang ramah lingkungan, mulai sekarang banyak dicoba menggunakan bahan yang alami, salah satunya memakai coir sheet atau cocosheet atau lembaran sabut kelapa berkaret.

Prakarya Memanfaatkan Serat Kelapa

Banyaknya manfaat dari serat kelapa atau sabut kelapa ini sendiri dapat menghasilkan peluang usaha yang besar. Namun sangat disayangkan, banyak orang yang belum memahami bagaimana cara memanfaatkan peluang tersebut.

Related Posts