Home Uncategorized Prosedur Pengisian Refill APAR yang Baik untuk Keselamatan

Prosedur Pengisian Refill APAR yang Baik untuk Keselamatan

by Happy Puspa

Refill APAR atau pengisian ulang media pada alap pemadam api bisa dilakukan ketika media sudah habis. Perlu diketahui bahwa ada banyak media yang bisa dipakai untuk alat pemadam api ringan.

Beberapa media seperti liquid gas, liquid foam, Co2, hingga gas halon menjadi cukup populer. Setiap media juga memiliki karakter dan sifatnya sendiri. Jadi tidak bisa disamakan antar medianya. Namun, bagaimana cara supaya bisa isi ulang pada APAR? Untuk mengisinya sendiri sebenarnya da beberapa prosedur. Mengikuti prosedur artinya menjaga diri dari hal fatal yang bisa terjadi kapan saja.

Ketahui Kelas Media Refill APAR

Seperti yang sudah diketahui bahwa APAR memiliki banyak media. Setiap media akan lebih efektif untuk beberapa kelas kebakaran tertentu. Jadi dalam proses pengisian, sebaiknya Anda memperhatikan bagian satu ini.

Kelas kebakaran sendiri dibedakan menjadi 3 tipe, yaitu tipe A, B, dan C. Kelas tersebut dibedakan berdasarkan penyebab kebakaran. Terutama sejauh mana tingkat kesulitan dalam memadamkan kebakaran tersebut. Kelas A merupakan kebakaran karena benda-benda padat, misalnya kayu dan sejenisnya. Kelas B merupakan kebakaran karena benda cair, misalnya bensin dan solar. Kelas C merupakan kebakaran karena arus pendek listrik.

Kosongkan Isi Tabung Hingga Kering

Ini adalah hal yang sangat penting dan harus dipahami oleh semua orang. Apalagi, ketika membelinya Anda tidak tahu media apa dalam tabung APAR. Maka, cara terbaiknya adalah mengosongkan hingga kering. Terlebih lagi, menyisakan sisa media juga akan berbahaya. Terlebih lagi jika Anda sampai salah mengisinya dengan media lain. Tentu saja hal tersebut bisa meningkatkan risiko kejadian fatal terjadi pada Anda.

Ikuti Aturan Pakai dengan Benar

Selama proses pengisian, sebaiknya pahami aturan pakainya. Terlebih lagi jangan memilih tempat yang asal-asalan untuk melakukan refill. Bisa jadi hal tersebut bisa membahayakan dan tabung APAR dapat meledak kapan saja.

Isilah di tempat yang telah tersertifikasi, misalnya damkar. Selain itu Anda bisa juga memiliki toko dengan izin resmi. Cara ini akan menghindarkan Anda dari bahaya. Melihat bagaimana pentingnya APAR, maka Anda harus memiliki salah satunya di rumah. Melakukan pencegahan tentunya jauh lebih penting. Ketika isinya sudah habis, maka Anda hanya perlu melakukan refill APAR pada kami.

Related Posts