Home Uncategorized Proses Pembuatan Briket Dengan Mudah Dan Gampang
proses pembuatan briket

Proses Pembuatan Briket Dengan Mudah Dan Gampang

by Happy Puspa

Untuk membuat briket adalah salah satu dari bahan bakar alternatif yang bisa kita gunakan untuk mengganti bahan bakar fosil. Nah untuk proses pembuatan briket ini tidak rumit dan tergolong mudah lho, kamu bahkan bisa mencobanya membuatnya sendiri.

Pengertian Dari Briket

proses pembuatan briket

Briket adalah bahan bakar yang menggunakan material seperti arang, batu bara, tempurung kelapa dan bahan material lainnya. Bahan atau material yang mudah dicari dan ditemukan diberbagai tempat ini menjadikan briket menjadi pilihan yang pas untuk kamu coba buat dan gunakan untuk bahan bakar.

Briket ini pada dasarnya adalah salah satu bahan bakar alternatid yang biasanya memiliki bentuk kotak, lonjong dan yang lainnya. Bahan bakar yang menggunakan bahan atau material yang sangat mudah untuk dicari dan kita temukan di setiap daerah ini menjadi lebih mudah jika kamu ingin mencoba membuatnya.

Tidak hany itu saja briket ini juga memiliki beberapa kelebihan lainnya yang sangat membantu dan memnguntungkan kamu lho.

Mau tau beberapa manfaat dan kelebihan dari briket ini?. Berikut sudah kami rangkum khusus buat kamu informasi mengenai Briket yang pastinya akan menambah wawasan dan pengetahuan kamu.

Kelebihan Dari Briket

proses pembuatan briket

Nah selain memiliki kelebihan seperti bahan atau materialnya mudahh untuk dicari dan ditemukan diberbagai tempat. Briket juga memiliki banyak kelebihan lainnya seperti briket ini lebih bertahan dalam waktu yang lebih lama ketika disimpan daripada arang biasa.

Lama waktu simpan briket ini menjadi salah satu kelebihan yang sangat baik tersendiri yang bisa kamu simpan terlebih dahulu jika masih belum ingin digunakan.

Kemudian Briket ini juga memiliki harga yang lebih murah dan ekonomis pastinya. Hal ini disebabkan karena briket ini dibuat dari bahan bahan yang tidak terlalu mahal harganya dan tidak menggunakan banyak bahan. Bahkan kamu bisa menemukan bahan untuk membuat briket dengan mudah.

Briket arang ini yang lebih ekonomis dan murah, Mudah dibuat, kemudian memiliki awktu simpan yang lebih lama daripada arang biasa, dan juga briket ini merupakan energi alternatif yang bisa diperbarui. Dengan banyaknya kelebihan ini pastinya akan sangat menguntungkan kamu apabila menggunakan briket yang satu ini.

Untuk membuat briket ini akan lebih mudah apabila kamu menggunakan mesin atau alat yang canggih dan modern seperti Mesin Briket yang pastinya bisa membantu dan mempermudah kamu dalama membuat Briket.

Dengan mesin seperti mesin briket tersebut kamu bisa lebih mempermudah pekerjaanmu. Selain itu ada juga banyak mesin dan alat yang pastinya bisa kamu gunakan untuk membantu kamu dalam memngerjakan pekerjaan dan kegiatan kamu.

Kamu bisa memilih dan mencari mesin yang sesuai dengan kebutuhan kamu di Rumah Mesin.

Cara dan Proses Pembuatan Briket dari Serbuk Kayu

proses pembuatan briket

Bahan Pembuatan:

  • Serbuk kayu
  • Tempurung kelapa
  • Lem kanji

Peralatan :

  • Ayakan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh
  • Oven
  • Cetakan briket

Proses pembuatan briket:

  1. Pengarangan

Serbuk kayu yang sudah didapatkan dengan bahan tempurung kelapa ini dibakar agar menjadi arang.

  1. Pengayakan

Jika sudah menghasilkan arang yang halus maka lakukan pengayakan untuk menghasilkan tepung arang. Arang dari serbuk gergaji diayak dengan menggunakan saringan ukuran kelolosan 50 mesh serta arang tempurung kelapa ukuran kelolosan 70 mesh.

  1. Pencampuran

Arang serbuk gergaji serta tempurung kelapa yang sudah disaring selanjutnya dicampur dengan menggunakan perbandingan arang serbuk gergaji 90 % serta arang tempurung kelapa sebanyak 10 %. Ketika proses pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang tadi.

  1. Pencetakan briket arang

Jika bahan sudah dicampurkan dengan merata maka bahan arang bisa langsung dimasukkan ke dalam cetakan briket dan ditempa.  Jika sudah dicetak briket bisa langsung dikeringkan menggunakan oven pengering atau menjemurnya dibawah sinar matahari langsung.

Dengan memanfaatkan bahan seperti serbuk kayu dan mengolahnya menjadi briket merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi pencemaran lingkungan, selain itu juga bisa menghasilkan keuntungan lain berupa bahan bakar untuk kebutuhan memasak sehari – hari

Related Posts