Home Uncategorized Resep Bolu Gulung Oven Tangkring yang Mudah dan Praktis

Resep Bolu Gulung Oven Tangkring yang Mudah dan Praktis

by Happy Puspa

Hai food lovers, kali ini saya akan membagikan resep bolu gulung oven tangkring yang bisa di coba di rumah. Pasti tidak asing dengan makanan yang satu ini, sebelum masuk ke resep dan caranya simak terus artikel ini!

Sejarah Bolu Gulung

Bolu gulung merupakan camilan yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan legit, membuat kue ini sangat digemari oleh semua kalangan.

Kue ini dibuat dengan cara dipanggang menggunakan loyang dangkal, diisi dengan selai atau krim mentega kemudian digulung. Bolu gulung sering dikenal sebagai jam roll , atau  jelly roll  di Amerika Serikat.

Gulungan Bolu biasanya diisi dengan berbagai isian selai atau krim aneka rasa. Mulai dari krim keju, cokelat, stroberi, nanas, dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Bolu gulung panggang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika siap menyiapkan Bolu gulung panggang yang enak di rumah, karena tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Berikut ini adalah cara membuat roti gulung panggang yang siap dikreasikan. Berikut Resepnya.

Resep Bolu Gulung Oven Tangkring

esep Bolu Gulung Oven Tangkring

Bahan :

  • 3 butir telur
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm tepung terigu protein sedang
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1/ 2 sdt SP
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 3 sdm margarin, dicairkan
  • 3 tetes pasta coklat ( saya pakai pasta black forest )
  • 100 gr selai strawberry.

Cara membuat Resep Bolu Gulung Oven Tangkring :

  1. Tuangkan air panas ke dalam wadah tahan panas, saya memakai mangkok stainless kemudian masukkan ke dalam otang di rak paling bawah lalu hidupkan kompor api sedang
  2. Campur kan telur gula pasir, tepung terigu, maizena, susu bubuk, vanili bubuk dan SP lalu mixer dengan kecepatan tinggi selama 5 sampai 7 menit ( tergantung mixer masing – masing ) sampai mengembang kental berjejak.
  3. Setelah adonan mengembang ambil 1 sendok makan adonan atau secukupnya, lalu beri pasta coklat aduk rata dan masukkan ke dalam plastik.
  4. Sisa adonan beri margarin yang sudah dicairkan lalu mixer kecepatan rendah asal tercampur rata saja.
  5. Kemudian ratakan adonan dengan spatula, pastikan tidak ada margarin yang mengendap di dasar wadah.
  6. Tuang adonan ke loyang 20 x 20 tinggi 4 cm, yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti, lalu ratakan permukaan adonan dengan spatula
  7. Hentakan loyang yang sudah berisi adonan Agar udara yang terperangkap bisa keluar.
  8. Beri motif sesuai selera
  9. Sebelum adonan dimasukkan besarkan, api kompor lalu masukkan adonan ke rak paling atas.
  10. Oven selama 15 menit dengan api besar.
  11. Setelah 15 menit cek kue bolu jika sudah berwarna kecoklatan merata di permukaan nya bisa langsung diangkat, tapi jika tidak bisa di putar loyang nya lalu kecilkan api menjadi api sedang, lalu lanjutkan mengoven selama 5 menit di rak paling atas, sampai permukaan nya mengering dan kecoklatan
  12. Jika bolu sudah matang langsung disisir bagian pinggirnya, dan balik Diatas kertas roti yang dialasi serbet kemudian tekuk bagian ujungnya dan gulung tanpa isi agar nanti lentur saat di gulung menggunakan isian.
  13. Beri isian sesuai selera, jika memakai butter cream tunggu bolunya sampai dingin.
    karena saya memakai selai langsung saya gulung
  14. Gulung sambil dipadatkan dengan kertas roti dan serbet lalu tekan dengan menggunakan Scraper atau penggaris besi, atau alat apa saja
  15. Biarkan dalam keadaan terbungkus kurang lebih 15-20 menit agar gulungannya padat, set dan tidak berongga di bagian dalamnya

Related Posts