Home Uncategorized Resep Iga Bakar Pedas Manis Ala Rumahan, Wajib di Coba!
resep iga bakar pedas manis

Resep Iga Bakar Pedas Manis Ala Rumahan, Wajib di Coba!

by Happy Puspa

Salah satu makanan yang mungkin menjadi favorit banyak orang yaitu makanan dengan cara pengolahan di bakar. Memang begitu banyak bahan makanan yang diolah dengan cara dibakar dan begitu menggugah selera, salah satunya yaitu iga bakar. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai resep iga bakar pedas manis.

Selain nikmat serta menggugah selera makan, iga juga mempunyai nilai kandungan gizi yang tidak bisa disepelekan. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang menggemari iga ini, baik itu iga bakar maupun dengan cara pengolahan lainnya

Perlu diketahui di dalam 100 gram (g) iga sapi terdapat nilai nutrisi diantaranya Energi 1063 kj. 254 kkal, Lemak, 19,06g. Lemak Jenuh, 7,692g, serta Lemak tak Jenuh Ganda.

Resep Iga Bakar Pedas, Manis dan Gurih

resep iga bakar pedas manis

Sudah penasaran bagaimana resepnya? Sebelum memasak siapkan dahulu beberapa alat dan bahan berikut ini untuk membuat iga bakar dengan rasa yang ciamik, pedas, manis dan gurih.

Bahan-bahan :

750 gram iga sapi rebus

3 siung bawang putih

1/2 buah bawang bombay

2 cm jahe

2 sdm saus charsiu

1 1/2 sdm dark soy sauce

1 sdm madu

1/2 sdt garam

1/4 sdt merica bubuk

1/2 sdt gula pasir

400 ml air

1 sdm minyak

1 sdt wijen sangrai

Cara Membuat:

1. Langkah pertama, cuci bersih iga kemudian lanjutkan dengan merebusnya sampai matang. Pastikan diangkat ketika sudah matang dengan sempurna.

2. Berikutnya tumis bumbu yaitu bawang putih, bawang bombay, dan jahe hingga harum. Kemudian masukkan iga yang sudah direbus tadi.

3. Langkah selanjutnya yaitu dengan memberi tambahaan saus charsiu, dark soy sauce, madu, garam, merica, serta gula, lalu aduk merata.

4. Sesudah itu, tuang air dan masak hingga matang serta meresap, angkat kalau sudah matang. Terakhir, panggang di atas pan bergelombang hingga harum sembari diolesi bumbu.

5. Olesi bumbu dengan berulang sampai matang, kemudian angkat dan sajikan dengan nasi yang hangat.

Resep Iga Bakar Kecap Pedas Manis

resep iga bakar pedas manis

Bahan-bahan :

500 gram tulang iga sapi yang sudah dipotong-potong lalu cuci hingga bersih.

1 bks santan kara

6 sdm kecap manis bango

1 sdm gula merah

2 sdm air asam jawa

1 sdt garam

1/2 sdt kaldu bubuk rasa sapi

1 sdm ketumbar bubuk

800 ml air

2 sdm minyak digunakan untuk menumis

Haluskan :

5 buah cabe merah keriting atau sesuai dengan seleramu

2 butir kemiri bakar

2 cm lengkuas

4 butir bawang merah

3 siung bawang putih

Cara membuat :

1. Potong-potong dahulu tulang iga (proses memotongnya bisa juga dilakukan dengan menggunakan mesin pemotong tulang dan daging beku ), cuci bersih kemudian tiriskan. Lumuri dengan bumbu halus kemudian diamkan sampai sekitar 30 menit.

2. Panaskanlah minyak, tumis iga sapi yang telah dilumuri bumbu tadi hingga harum dan berubah warna. Tuanglah air, tambahkan garam, kaldu bubuk, ketumbar, gula merah serta air asam jawa lalu masak lagi sampai mendidih.

3. Masukkan juga kecap manis, aduk merata kemudian masukkan santan. Masak sembari diaduk sesekali sampai kuahnya mengental dan tinggal sedikit dan dagingnya empuk dan bumbu menyerap kemudian matikan api.

4. Sesudah dingin, bakar iga sapi sembari diolesi sesekali dengan sisa bumbu. Bolak-balik supaya matangnya merata, angkat dan siap untuk disajikan.

Resep Iga Bakar Pedas Manis Ala Rumahan

Ketika perayaan Hari Raya Idul Adha seperti sekarang ini, seluruh umat muslim di dunia akan merayakannya dengan menyembelih hewan kurban. Di Indonesia, daging kurban umumnya diolah menjadi beragam masakan, mulai dari sate, gulai, tongseng dan masih banyak yang lainnya.

Kalau ingin coba olahan daging lainnya, kamu dapat mencoba resep iga bakar pedas manis yang begitu lezat ini. Berikut akan dirangkum mengenai resep iga bakar pedas manis untuk sajian lebaran Idul Adha di rumah bersama-sama dengan keluarga.

Bahan-bahan :

400 gram iga sapi (cuci bersih lalu tiriskan)

400 ml air

1 sachet saus tiram

1 sendok makan saus barbeque

Lada hitam bubuk secukupnya

Cara membuat :

1. Rebus iga sapi sampai empuk selama kira-kira 40 menit. Kalau sudah angkat kemudian tiriskan airnya.

2. Siapkanlah wadah, campur saus tiram dan minyak goreng. Masukkan iga sapi yang telah direbus. Aduklah hingga rata lalu diamkan selama sekitar 10 menit.

3. Bakar iga sapi sembari diolesi dengan sisa bumbu sampai matangnya merata. Tambahkan juga bubuk lada hitam sesuai dengan selera. Kalau ingin lebih pedas, kamu dapat memakai bubuk cabai atau cabai kering.

4. Iga sapi bakar pedas manis pun telah siap untuk disajikan sebagai hidangan Idul Adha bersama dengan keluarga di rumah.

Related Posts