Home Uncategorized Resep Jagung Bose Khas NTT

Resep Jagung Bose Khas NTT

by Happy Puspa

Resep Jagung Bose khas NTT

Resep jagung bose khas NTT

Jagung bose merupakan salah satu masakan khas yang berasal dari Nusa Tenggara Timur khususnya daerah daratan Timor. Makanan ini banyak mengandung karbohidrat karena menggunakan jagung dan kacang-kacangan, dan biasanya dijadikan sebagai pengganti nasi.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari jagung bose kupang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan jagung bose kupang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nama makanan khas Kupang selanjutnya adalah Jagung bose, salah satu masakan tradisional yang sering dijadikan sebagai kuliner pengganti nasi. Kuliner tersebut terbuat dari jagung putih yang dilunakkan lalu dicampur dengan kacang merah dan santan sehingga tak heran rasanya pun begitu gurih. Dimasak sampai santannya berkurang tambahin garam.maka tadaaa.jadi dech masakan jagung bose khas Kupang NTT.

Walaupun menggunakan jagung dan kacang-kacangan, namun makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan gurih kerena dibuat menjadi seperti bubur. Makanan khas satu ini biasanya dimakan bersama dengan sambal lu’at, daging se’i, atau ikan bakar.

Bahan-bahan:

  • 400 gram jagung kuning pipil
  • 100 gram kacang tanah
  • 100 gram kacang nasi
  • 500 ml santan
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 1000 ml air

Resep Jagung Bose Khas NTT

Pertama-tama ambil jagung kuning pipil lalu tumbuk di dalam alu hingga kulit arinya keluar. Tumbuk jagung menjadi halus namun jangan sampai seperti butiran. Cukup menjadi 2 atau 4 bagian saja, intinya sampai kulit arinya terlepas.

Kalau sudah, rendam jagung yang sudah ditumbuk tadi bersama dengan kacang nasi semalaman. Setelah direndam semalaman, angkat dan tiriskan airnya.

Resep Jagung Bose Khas NTT

Kemudian cuci jagung kuning tumbuk bersama dengan kacang tanah dan kacang nasi hingga benar-benar bersih. Lalu nyalakan api kompor dan masak jagung kuning tumbuk, kacang tanah, dan kacang nasi bersama dengan 500 ml air.

Masak hingga mendidih dan airnya mulai berkurang dan menyusut. Kalau sudah menyusut, tuangkan lagi sebanyak 500 ml air ke dalam rebusan jagung. Masak hingga airnya mendidih dan menyusut sekali lagi.

Resep Jagung Bose Khas NTT

Setelah airnya berkurang untuk yang kedua kalinya langsung coba icip jagung dan kacangnya. Kalau dirasa sudah cukup lunak dan tidak keras lagi pada saat dikunyah, maka bisa langsung masukkan 500 ml santan dan masak lagi hingga mendidih.

Tapi kalau dirasa jagung dan kacangnya masih agak keras, bisa diulang lagi langkah sebelumnya. Kemudian masak sampai santannya mulai sedikit menyusut. Jangan lupa untuk sesekali diaduk-aduk agar tercampur rata.

Setelah santanya mulai berkurang, langsung masukkan garam dan penyedap rasa, aduk-aduk dan masak selama kurang lebih 15 menit.

Resep Jagung Bose Khas NTT

Kemudian koreksi rasanya. Kalau dirasa sudah pas, bisa langsung diangkat dan tuangkan jagung bose ke dalam mangkuk. Jagung bose khas NTT pun siap untuk disajikan.

Jagung bose biasanya dimakan bersama dengan sambal khas dari NTT juga yakni sambal lu’at, namun bisa juga diganti dengan selera masing-masing. Kalian juga bisa menambahkan labu kuning untuk menambah dari tekstur dan kenikmatan dari makanan khas yang satu ini. Selamat mencoba.

Diatas adalah pengertian serta resep dari jagung bose makanan khas dari NTT

Related Posts