Home Uncategorized Resep Kuah Bakso Sapi Enak Dan Gurih Wajib Untuk Dicoba
resep kuah bakso sapi enak dan gurih

Resep Kuah Bakso Sapi Enak Dan Gurih Wajib Untuk Dicoba

by Happy Puspa

Resep kuah bakso sapi enak dan gurih mudah dibuat. Bakso adalah salah satu kuliner dari Indonesia yang telah memiliki banyak penggemar. Meski terlihat sederhana, makanan berbentuk bola ini memiliki rasa yang sangat lezat, tekstur kenyal dan juga lembut. Kuliner ini juga mudah ditemui, bahkan bisa di depan rumah sekalipun.

Biasanya bakso terbuat dari daging sapi, ayam, atau ikan yang dicampur dengan menggunakan tepung. Kemudian bola-bola daging ini disajikan bersama dengan kuah kaldunya yang nikmat dan juga menyegarkan, serta tambahan topping lain seperti sayur, bihun, mi, atau tahu.

Kuah bakso sendiri merupakan komponen penting jika Anda ingin menyajikan atau memakan bakso. Kuah bakso diolah dengan mencampurkan daging atau juga dengan tulang sapi dan beberapa bumbu, sehingga dapat menciptakan cita rasa lezat yang melengkapi bakso.

Jika Anda tertarik untuk membuat, cobalah resep kuah bakso sapi di rumah. Resep kuah bakso sapi ini mudah diikuti dan bumbu-bumbunya juga pasti tidak sulit dicari. Jika masih bingung untuk menyiapkannya, kami juga telah menyajikan beberapa resep kuah bakso daging sapi enak dan gurih untuk ide memasak Anda.

1. Resep Kuah Bakso Sapi

Bahan-bahan (6 porsi):

  1. 10 Buah Bakso Sapi
  2. 1/4 Kg Tetelan Sapi
  3. 3 Tangkai Seledri, rajang halus
  4. 2 Buah Daun Bawang, rajang halus
  5. 1/4 Buah Kol, rajang halus
  6. 1/2 bungkus Ladaku bubuk
  7. 1 bungkus Kaldu Sapi bubuk
  8. 1 Bungkus Soun ukuran kecil
  9. Secukupnya Air
  10. Secukupnya Garam
  11. Secukupnya Penyedap Rasa
  12. Secukupnya Bawang Goreng

Bumbu halus:

  1. 10 Buah Bawang Putih
  2. Sedikit Jahe (Cukup sedikit saja, jangan banyak-banyak nanti terlalu terasa)

Cara membuat:

  1. Langkah pertama rebus tetelan sapi kurang lebih selama 10 Menit.
  2. Iris bahan bumbu dan tumbuk hingga halus.
  3. Goreng bawang merah dan bawang putih untuk pelengkap bakso. Lalu tiriskan
  4. Rendam soun atau bihun ke dalam air panas, lalu tiriskan.
  5. Tumis bumbu halus sampai tercium bau harum bersama daun bawang, bumbui dengan garam dan lada bubuk secukupnya.
  6. Masukkan tumisan bumbu halus ke dalam panci dengan rebusan tetelan daging sapi.
  7. Bumbui dengan penyedap rasa dan juga kaldu bubuk, lalu masukkan bakso sapi supaya bakso mengembang. Dan tunggu hingga kuah mendidih. Jangan lupa untuk cek rasa.
  8. Bakso sapi siap disajikan selagi hangat, jangan lupa tambahkan soun, seledri, kol dan juga bawang goreng.

2. Resep Kuah Gurih

Bahan-bahan (4 porsi):

  • 200 gram balungan sapi
  • 5 siung bawang putih
  • 3 batang daun bawang
  • 2 butir kemiri sangrai
  • Sejumput biji pala
  • Secukupnya garam, lada, gula, kaldu bubuk
  • 2 liter Air
  • Secukupnya minyak goreng

Cara membuat:

  1. Rebus tulang sapi hingga mendidih beberapa saat, lalu buang air rebusan pertama dan rebus lagi dengan menggunakan air baru hingga keluar kaldunya.
  2. Sambil menunggu kuah kaldunya keluar, goreng bawang putih dan daun bawang yang diambil putihnya saja hingga berwarna kecokelatan. Masukkan bawang putih dulu hingga menguning kemudian masukkan daun bawang.
  3. setelah itu haluskan bawang goreng dan daun bawang dengan kemiri dan biji pala.
  4. Masukkan bumbu halus ke kuah kaldu, tambahkan garam, gula, lada dan kaldu bubuk secukupnya. Jangan lupa koreksi rasa. Kemudian masukkan sisa daun bawang yang sudah diiris-iris dan juga bakso sapi. Tunggu hingga kuah mendidih.
  5. Bakso sapi siap dinikmati dengan pelengkap sesuai selera.

3. Resep Simpel Kuah Bakso Sapi

Bahan-bahan:

  1. 2 genggam tetelan (bagian putih putih yang ada di daging)
  2. 2 batang daun bawang
  3. 3 batang sawi hijau
  4. 1 lembar bihun jagung
  5. 4 batang seledri
  6. secukupnya Air
  7. secukupnya Minyak goreng
  8. secukupnya Kaldu bubuk rasa sapi
  9. secukupnya Kaldu jamur

Bumbu halus:

  1. 5 siung bawang putih
  2. 1/2 sdt merica bubuk
  3. 1 sdt garam
  4. 1/2 sdt gula

Bahan pelengkap:

  1. Sambal: 10 cabe rawit + 1 siung bawang putih
  2. Saos sambal / saos tomat
  3. Kecap manis
  4. Bawang goreng

Cara membuat:

  1. Cuci bersih tetelan atau tulang sapi, kemudian rebus ke dalam air yang akan digunakan sebagai kuah sekitar 1.5 liter. Buang buih di permukaan yang keluar dari rebusan tetelannya, bisa diambil dengan menggunakan saringan.
  2. Siapkan bumbu bumbunya terlebih dahulu Potong tipis tipis bawang putih kemudian goreng hingga berwarna kecoklatan, kemudian tiriskan. Goreng sebentar daun bawang sampai layu. Haluskan bawang putih goreng, merica bubuk, dan tambah garam secukupnya. Kemudian masukkan ke dalam rebusan tetelan atau tulang sapi. Lalu tambahkan gula dan daun bawang yang sudah di goreng tadi.
  3. Aduk hingga tercampur merata dan cek rasa. Setelah itu tambahkan kaldu bubuk rasa sapi / kaldu jamur. Sesuaikan dengan selera masing-masing. Jika rasa sudah pas dan tetelan sudah matang masukkan bakso sapi. Kemudian matikan kompor
  4. Siapkan bahan yang lainnya, rebus air dan rendam soun atau bihun kemudian tiriskan. Cuci bersih sawi hijau kemudian potong sesuai dengan selera. Cuci bersih daun seledri setelah itu potong halus.
  5. Sambal : Siapkan dahulu 10 buah cabe rawit dan 1 siung bawang putih. Kemudian rebus hingga bahan sambal layu. Ulek dengan ditambah sedikit garam dan beri air kuah bakso.
  6. Setelah semua bahan sudah siap, susun di mangkok mulai dari bihun, sawi hijau, bakso, dan kuah. Jangan lupa beri taburan daun seledri dan juga bawang goreng sesuai selera. Nikmati bersama sambal, saos, dan kecap selagi bakso hangat.

Jika anda ingin membuat bakso tentunya perlu diolah atau digiling terlebih dahulu. Untuk itu itu anda bisa menggunakan chopper dan mesin giling daging. chopper dan mesin giling daging Bakso adalah salah satu alat atau mesin yang berfungsi untuk menggiling daging dan mencampur adonan bakso.

Related Posts