Home Uncategorized Resep Roti Kasur Super Lembut

Resep Roti Kasur Super Lembut

by Happy Puspa

Resep Roti Kasur Super Lembut ? Roti kasur yang manis dan lembut sangat cocok untuk menjadi sarapan atau kudapan anda. Membuatnya pun mudah, hanya menggunakan bahan dasar adonan roti. Cocok untuk sarapan atau kudapan sore.

Siapa sih yang tidak suka makan roti sobek? Roti yang bisa diisi dengan berbagai macam varian rasa isian ini cocok dinikmati sebagai camilan teman minum kopi atau teh.

Kalau kamu sedang ingin makan roti sobek, yuk coba dibikin aja di rumah. Apalagi kamu bisa membuat roti sobek tanpa menggunakan oven lho. Penasaran? Yuk simak resep dan cara lengkap pembuatannya berikut ini.

Jenis-jenis Roti Kasur/Roti Sobek

Sebelum kita masuk ke resep Cara Membuat Roti Kasur mari kita lihat jenis roti sobek terlebih dahulu. Ada berbagai jenis roti sobek yang tersebar luas di seluruh penjuru nusantara ini.

1. Roti Sobek Asli

Dalam membuat roti sobek original ini adalah roti sobek yang tidak memiliki topping maupun isinya di dalamnya. Tapi tekstur dari adonan ini tetaplah bantet, empuk, dan lembut saat dimakan. Dan tentunya enak walaupun tanpa isian dan toping di atasnya.

2. Roti Sobek Keju

Ini adalah salah satu varian dari roti sobek. Roti sobek keju ini cocok untuk para pecinta keju. Apalagi kalau keju menjadi isian atau toping roti ini sendiri.

3. Roti Sobek Coklat

Siapa sih yang tidak kenal coklat? Coklat ini sangat cocok untuk topping roti sobek. Apalagi kalau dijadikan isian roti sobek. Pastinya lumer saat kita gigit.

4. Roti Sobek Susu

Susu sangat cocok di campurkan adonan roti sobek. Cita rasa yang manis memang selalu cocok jika dipadukan dengan roti. Apa lagi roti sobek.

5. Roti Sobek Kopi

Pagi hari lapar? Roti sobek kopi solusinya. Agar rasa itu hilang, roti sobek cocok untuk mengganjal perut dikala pagi hari dan rasa kopi membuat mata tetap melek.

6. Roti Sobek Pandan

Wangi pandan dan manisnya adonan roti memang sangat cocok untuk dipadukan menjadi satu. Apalagi untuk menemani sarapan pagi, ditemani kopi ataupun teh.

Resep Roti Kasur Super Lembut

Resep Roti Kasur Super Lembut

Bahan :

  • 260 gr tepung terigu cakra.
  • 60 gr gula pasir.
  • 15 gr susu bubuk.
  • 6 gr ragi instan.
  • 2 kuning telur + susu cair dingin berat total 160 gr.
  • 30 gr unsalted butter/margarin.
  • 2 gr garam (kalo pake margarin bisa dikurangi).

Cara Membuat Roti Kasur Super Lembut :

  1. Campur dalam wadah tepung terigu, ragi, susu bubuk, gula pasir dan telur, aduk rata lalu tambahkan susu cair sedikit sedikit. Uleni sampai kalis.
  2. Masukan margarin dan garam. Uleni sampai kalis elastis. Bagi dua adonan dalam dua wadah. 1 biarkan putih. 1 adonan lagi tambahkan 2 sdm coklat bubuk.
  3. Uleni lagi sampai kalis dan warna coklat nya merata. Diamkan kedua adonan sampai mengembang ±40menit, tutup menggunakan plastik wrap.
  4. Setelah mengembang, kempiskan adonan. Bagi masing2 menjadi 6 bulatan. Jadi total 12 bulatan. Lalu pipihkan dan beri isian, lalu bulatkan kembali dan susun dalam loyang bergantian selang seling. Lalu olesi dengan bahan olesan.
  5. Panaskan oven dalam suhu 200°C ±20 menit, setelah 20 menit, panggang roti sampai matang ±20 menit.

TIPS

Setelah matang, langsung keluarkan roti dari oven dan Langsung olesi dengan mentega supaya permukaannya roti mengkilap.

Nah itula Resep Roti Kasur yang anda bisa praktikkan di rumah, selamat mencoba!

Related Posts