Home Uncategorized Resep Sop Buntut

Resep Sop Buntut

by Happy Puspa

Resep Sop Buntut-buntut merupakan salah satu hidangan yang menjadi favorit banyak orang. Rasanya yang sedap dan gurih menjadikan salah satu alasannya. Cara membuat sop buntut sapi ini hampir sama dengan sop daging sapi lainnya.

Jawa adalah sebuah pulau di Indonesia yang terletak di kepulauan Sunda Besar dan merupakan pulau terluas ke-13 di dunia. Jumlah penduduk di Pulau Jawa sekitar 150 juta. Pulau Jawa dihuni oleh 60% total populasi Indonesia. 

Sop buntut sapi ini biasanya dihidangkan bersama bahan pelengkap seperti kentang, wortel dan buncis, serta dipadu dengan bumbu rempah seperti cengkeh, pala dan kayu manis. Agar didapat tekstur buntut yang lunak, buntut sapi perlu untuk direbus dua kali, Anda bisa menggunakan panci presto untuk menghemat waktu merebus.

Menikmati sajian berkuah hangat bisa menjadi pilihan untuk makan siang nanti. Bakso dan soto biasanya yang selalu terlintas, tapi banyak yang sudah mulai jenuh. Bagaimana kalau coba cicipi kesegaran kuah sop buntut yang gurih dan kaya rasa? Salah satu tempat yang menyajikan pilihan sop buntut yaitu di Costess Cafe & Bar, Jakarta. Kuah sop yang kaya rempah bisa menghangatkan tubuh sekaligus memberi kelezatan di lidah. Adapun rempah yang dipakai berasal dari Indonesia dan sudah jarang dipakai di kota-kota besar.

Sop buntut cukup populer di Asia, terutama China, Vietnam, Filipina, Korea Selatan, dan Indonesia. Masing-masing punya keunikan tersendiri. Kalau di Indonesia, cara mengolahnya mirip dengan sop sapi.

Selain itu, kita juga menggunakan banyak rempah-rempah, seperti pala, cengkeh, kapulaga, kayu manis, dan sebagainya. Rasanya enak dan gurih banget, cara masaknya pun gampang. Simak resep membuat sop buntut yang enak dan bikin nagih di bawah ini ya!

Sop buntut merupakan salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan yang terbuat dari potongan daging ekor sapi ini memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Tak heran, jika sop buntut menjadi salah satu kuliner yang sangat digemari oleh semua kalangan. Kalau begitu kita langsung keresep nya aja ayok simak baik baik…

Resep sop buntut

Bahan:

  • 250 gr buntut sapi
  • 1 buah wortel, potong
  • 1 buah kentang, potong dadu
  • Secukupnya buncis
  • 3 butir bawang merah, goreng agak garing
  • 3 buah cengkih
  • 3 cm kayu manis
  • Secukupnya daun bawang, potong kasar
  • Secukupnya daun seledri, potong kasar
  • Secukupnya garam & kaldu bubuk
  • Secukupnya bawang goreng untuk taburan

Bumbu Halus:

  • 1 sdm merica
  • 3 siung bawang putih
  • 1/4 buah pala

Cara Membuat Sop Buntut Sapi:

  1. Cuci buntut sapi hingga bersih, lalu rebus hingga empuk. Buang air rebusan pertama, lalu rebus lagi.
  2. Haluskan semua bahan bumbu halus, lalu tumis hingga harum dan matang.
  3. Setelah cukup matang, masukkan bumbu halus kedalam rebusan buntut sapi bersama dengan cengkeh dan kayu manis.
  4. Tambahkan garam dan kaldu bubuk, aduk dan masak sebentar.
  5. Masukkan wortel, kentang dan buncis kedalam rebusan. Masak hingga sayuran matang.
  6. Tambahkan daun bawang, seledri dan bawang goreng, sesaat sebelum sop buntut diangkat.
  7. Sajikan selagi hangat.

Mesin potong daging beku dalam industri masak memasak seperti rumah makan, restoran, hotel, dan lain sebagainya sangat berguna. Pemilik usaha kuliner harus mampu membuat menu dengan memanfaatkan dan mengolah bahan apa saja termasuk salah satunya bagian-bagian hewan ternak, seperti tulang.

Seperti yang kita ketahui, bahwa mesin pemotongan daging beku membutuhkan alat khusus yakni mesin pemotong tulang dan daging beku khusus usaha kuliner

Related Posts