Home informasi Tips Berbuka Puasa yang Benar dan Sehat

Tips Berbuka Puasa yang Benar dan Sehat

by Happy Puspa

Sesudah sepanjang hari meredam lapar dan haus, waktu buka jadi peristiwa yang paling ditunggukan saat jalankan puasa. Tetapi, sedikit orang yang mengetahui langkah buka puasa yang betul. Walau sebenarnya, berbuka puasa yang sehat dan betul bisa menolong kembalikan stamina badan sekalian menahan masalah kesehatan yang terkait dengan rutinitas buka.

Langkah buka puasa yang betul dan sehat
Waktu makan pada bulan puasa terbatas saat malam hari saja. Oleh karena itu, Anda perlu pilih makanan berbuka puasa yang sehat untuk penuhi keperluan gizi setiap hari. Agar puasa bisa berjalan mulus dan berguna untuk kesehatan, berikut ialah panduan tips berbuka yang betul.

  1. Membagikan waktu makan
    Langkah berbuka puasa yang betul dengan membagikan waktu makan jadi dua sesion. Bila Anda segera penuhi perut yang kosong sepanjang hari secara sekalian, ini bisa memacu berlangsungnya masalah pencernaan dan membuat kandungan gula dan tekanan darah naik.
    Berbuka puasa yang sehat bisa dilaksanakan dengan memberi interval sekitaran 20 menit antara dua sesion makan. Anda bisa mengawalinya dengan makanan pembuka, seperti buah atau sup.
    Kemudian, Anda bisa jalankan beribadah sholat magrib lebih dulu saat sebelum melahap makan sajian khusus. Langkah buka yang betul akan membuat makanan lebih gampang diolah oleh badan.
  2. Penuhi keperluan cairan
    Tiap hari, badan memerlukan 2 ltr air (8-10 gelas) agar dapat berperan secara baik dan selalu terlindungi kesehatannya. Kebutuhna ini tetap sama meskipun Anda sedang berpuasa. Berbuka puasa yang sehat bisa dilaksanakan dengan minum air seperlunya.
    Salah satunya panduan buka puasa untuk penuhi keperluan cairan ialah konsumsi makanan yang banyak terkandung air, seperti sup atau buah-buahan sumber air. Keperluan cairan ini harus disanggupi secara periodik semenjak buka sampai sahur.
    Bila Anda banyak bergerak atau berkeringat, karena itu konsumsi air harus juga ditambahkan sama sesuai keperluan. Minum air mineral sebagai opsi yang bagus bila kegiatan Anda disanggupi tugas berat.
  3. Pilih tipe makanan berbuka puasa yang sehat
    Langkah buka puasa yang betul terkait dengan tipe makanan yang diputuskan. Saat buka, prioritaskan makanan yang memiliki kandungan banyak air, rendah lemak, dan memiliki kandungan gula alami. Beberapa macam makanan berbuka puasa yang sehat.
  4. Mengonsumsi makanan khusus bergizi imbang
    Sama sesuai saran langkah buka puasa yang betul, waktu makan berbuka puasa bisa dipisah beberapa sesion. Sesudah interval 20 menit dari menu pembuka, Anda bisa konsumsi makanan khusus dengan menu yang lebih komplet.
    Langkah buka puasa yang betul harus dapat penuhi keperluan gizi badan. Yakinkan makanan yang dimakan mempunyai nutrisi imbang, baik makanan bertepung (terhitung biji-bijian), sayur dan buah, dan makanan berprotein (daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan).
    Anda dapat menambah makanan buatan susu ke menu makanan berbuka puasa yang sehat. Konsumsi yogurt atau minuman susu probiotik bisa berguna untuk mempertahankan kesehatan pencernaan.
  5. Olahraga enteng
    Sesudah lakukan beberapa panduan buka puasa di atas, seharusnya Anda pun lakukan olahraga enteng untuk menolong pencernaan dan jaga kesehatan badan.
    Anda bisa jalan kaki sesudah buka. Sholat tarawih juga disarankan. Akan lebih bagus bila Anda jalan kaki saat ke arah mushola atau jalan-jalan sesaat di pelataran rumah.

Disamping itu, tidak boleh mengonsumsi minuman plus tambahan pemanis, minuman berkarbonasi, dan juice paket yang telah jadi sebab bisa mengakibatkan sakit di perut.
Jauhi makan dalam jatah besar sekalian atau langsung tidur sesudah makan. Ini bisa mengakibatkan masalah kesehatan dan permasalahan pencernaan.

Related Posts