Home Uncategorized Tips dan Trik Berjualan di Shopee yang Ampuh Menangin Persaingan
tips dan trik berjualan di shopee

Tips dan Trik Berjualan di Shopee yang Ampuh Menangin Persaingan

by Happy Puspa

Tips dan Trik Berjualan di Shopee – Hai hai, Kamu salah satu dari pelaku usaha yang menjual produk di plaform mobile marketplace Shopee? Udah lama jualan di Shopee, tapi hasil jualan dari dulu cuma segitu – segitu aja? Atau kadang toko Kamu di Shopee juga sepi orderan?

Kalo emang iya, mungkin aja strategi jualan yang Kamu gunakan masih kurang tepat dan kurang maksimal. Jadinya nih, masih belum bisa mendapatkan banyaknya pengguna di platform mobile marketplace Shopee ini.

For your information aja nih, berdasarkan laporan riset oleh iPrice, pada perempat ke-3 tahun 2020, yaitu bulan Juli, Agustus, dan September, Shopee menduduki peringkat pertama sebagai marketplace dengan jumlah pengguna terbanyak yaitu sebesar 96,5 juta pengguna.

Melihat data yang begitu besar , tentunya kalo emang strategi jualan yang Kamu gunakan tepat dan maksimal. Maka, pastinya Kamu bisa dapet sekian banyak dari jumlah pengguna yang sebesar itu.

Nah, kalau ngomongin soal bisnis jualan di Shopee nih ya, dilansir dari laman web resmi Shopee, di bawah berikut ini adalah beberapa tips dan trik berjualan di Shopee yang telah kami rangkum spesial buat Kamu yang pengen tokonya lebih  ramai, simak selengkapnya berikut ini ya, jangan sampai terlewat!

Beberapa Tips dan Trik Berjualan di Shopee

tips dan trik berjualan di shopee

Mestinya merintis dan mulai jualan bisnis jualan di Shopee tidak hanya sekadar membuka toko, mengunggah produk dan menunggu pelanggan datang membeli.

Kamu ga bisa tuh cuma diam saja menunggu pelanggan datang membeli. Di luaran sana banyak toko sainganmu menggunakan berbagai strategi untuk meramaikan trafficnya.

Pastinya Kamu juga pengen ya kan traffic toko Kamu ramai dan toko Kamu banjir orderan. Kamu ga bisa cuma tinggal diam aja. Ngeliatin toko – toko saingan Kamu bisa sukses besar, sedangkan kamu cuma diem menunggu orderan yang tak pasti.

Misalnya toko saingan kamu menjual baju dengan jenis yang sama dengan milikmu, tapi mereka bisa lebih rame dapet orderan. Nah, kamu harus ketahui cara memulai bisnis online shop baju di Shopee dengan menggunakan beberapa tips yang jempolan.

Di sini Kamu bakalan belajar beberapa Tips dan Trik Berjualan di Shopee. Siap – siap aja deh toko Kamu di Shopee nanti bisa banjir orderan!

1. Tips dan Trik Berjualan di Shopee yang Pertama, Pasanglah Harga yang Bersaing dan Masuk Akal

Tips Sukses Jualan Online Shop di Shopee

Kalo pembeli lagi cari sebuah produk di aplikasi jual beli online, misalnya Kamu yang ada di posisi pembeli nih. Tentunya Kamu nanti bakalan cari toko yang menjual produk yang Kamu cari tersebut dengan harga yang termurah tetapi dengan kualitas yang jempolan.

Kamu juga bisa menerapkan mindset itu pada gimana Kamu menjalankan toko Kamu di Shopee. Pikirkanlah dengan sungguh – sungguh produk yang ingin Kamu jual apakah harga yang kamu pasang sudah bisa bersaing dan masuk akal atau belum.

Sudah bisa bersaing dengan harga produk serupa yang ditawarkan toko – toko kompetitor dan masuk akal atau belum.

Pada akhirnya, pastikanlah harga produk yang Kamu terapkan ga terlampau mahal karna akan membuat pelanggan enggan membeli. Juga membuat pelanggan nantinya berpindah cari toko yang lebih murah.

Tapi, jangan terlampau murah juga karna calon pelanggan Kamu nanti bakalan ragu dengan kualitas produk yang kamu jual apabila harganya terlalu murah.

2.Tips dan Trik Berjualan di Shopee Selanjutnya, Pasanglah Informasi dan Deskripsi Produk yang Akurat

tips dan trik berjualan di shopee

Kalo Kamu ngunggah setiap produk yang akan Kamu jual di platform Shopee, pastikan juga sudah mengisi seluruh informasi dan deskripsi produk Kamu dengan lengkap dan juga akurat.

Janganlah lupa, pakai juga foto – foto atau kamu juga bisa pakai video produk yang jelas dan bagus dengan berbagai sudut pengambilan detail gambar dari produk yang akan Kamu unggah di toko Shopee Kamu.

Saran tambahan nih, sebaiknya ketika Kamu akan menulis nama produk berilah nama produk yang terstruktur dan rapi, contoh susunan katanya adalah Merk + Model Produk + Spesifikasi + Ukuran.

Selain beberapa hal tersebut, pada bagian deskripsi produk nanti tuliskanlah penjelasan detail mengenai produk secara informatif dan efektif. Jangan berlebihan, tapi harus tetap mengandung informasi deskripsi lengkap mengenai produk yang Kamu jual.

Kamu bisa menjelaskan spesifikasi lengkap produk, kegunaan produk, dan juga garansi produk atau diskon dengan kata – kata yang dikemas secara menarik.

3. Jenis Produk yang Kamu Jual Harus Lebih Beragam

tips dan trik berjualan di shopee

Bisa bebas milih lebih banyak variasi dari satu produk yang mereka cari tuh nanti jadi salah satu hal yang paling disukai calon pelanggan. Hal ini punya keseruannya sendiri dan nambahin pengalaman berbelanja online yang menyenangkan bagi pelanggan.

Makanya, tambah lebih banyak variasi produk yang akan Kamu jual di toko Shopee Kamu. Variasi produk yang bisa kamu tambahkan ada misalnya berbagai macam kayak warna, ukuran ataupun desain.

Semakin banyak dan lengkap jenis produk yang akan Kamu jual, maka kesempatan toko Kamu untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan juga bakal meningkat pesat.

4. Salah Satu Tips dan Trik Berjualan di Shopee yang Penting, Gunakan Fitur Promo Gratis Naikkan Produk

Kalo kamu manfaatin dan maksimalin fitur Naikkan Produk di Shopee, Kamu bakalan bisa membuat produk yang Kamu jual di toko tampil di hasil pencarian teratas pelanggan.

Hal ini juga bakal ningkatin kesempatan produk Kamu akan dilihat oleh lebih banyak pelanggan. Fitur ini sendiri bisa Kamu pake sekaligus hingga 5 produk, selama periode 4 jam sekali.

Untuk naikin produk melalui aplikasi, caranya masuk ke aplikasi Shopee lalu klik menu Saya masuk ke Toko Saya, scroll ke bawah, pilih produk yang akan kamu Naikkan lalu klik Naikkan Produk.

Untuk dapat naikin produk Kamu melalui Shopee Seller Centre via laman web resmi Shopee, klik pada Produk Saya lalu pilihlah produk yang ingin kamu Naikkan, klik ikon dengan titik 3 di sebelah pojok kanan bawah produk lalu klik Naikkan Produk.

5. Terapkan Fitur Gratis Ongkir pada Produk dan Toko Shopeemu

Bisa dapet keuntungan gratis ongkir ketika berbelanja adalah salah satu hal yang paling disukai dan menjadi favorit banyak pelanggan di Shopee hingga saat ini.

Kamu bisa manfaatin kesempatan ini dengan menerapkan fitur Gratis Ongkir yang sudah disiapkan oleh pihak Shopee Cara untuk menerapkan fitur ini adalah masuklah ke aplikasi Shopee di smartphone Kamu.

Pilih pada menu Gratis Ongkir di Halaman Utama, lalu pilih menu Semua Gratis Ongkir yang ada di situ. Kemudian scroll sampai mentok bawah dan klik Daftar Sekarang. Kemudian isi dengan lengkap formulir angket pendaftaannya dan pengajuan Gratis Ongkir akan diproses selama kurang lebih 1 hari kerja

6. Membuat Banyak Voucher Promo Shopee untuk Menarik Lebih Banyak Pelanggan Lagi

Semua orang entah siapapun itu pasti ga ada yang ga suka dengan yang namanya diskon/promosi ketika berbelanja. Nah, buat menarik lebih banyak pelanggan, Kamu bisa menerapkan metode ini.

Yaitu membuat lebih banyak diskon/promosi pada berbagai produk yang Kamu jual di Shopee via fitur bernama Voucher Toko.

Cara menerapkan Voucher Toko ini, klik pada bagian Promosi Saya, lalu pilih Voucher Toko Saya dan klik Buat Voucher Baru untuk membuat voucher toko via Shopee Seller Centre.

Kemudian klik pada menu Saya, kemudian Toko Saya, Promosi Saya dan Voucher untuk membuat voucher toko dalam aplikasi Shopee.

7. Tips dan Trik Berjualan di Shopee yang Terakhir nih, Lakukan Promosi ke Media Sosial

Pakai akun – akun media sosial yang Kamu punya, seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau Tikok buat mempromosikan atau memperkenalkan secara luas toko online beserta produk – produk yang Kamu jual.

Posting produk – produk yang Kamu jual dan jangan lupa ajaklah pengikut dan teman – teman Kamu di akun media sosialmu buat mengunjungi toko online Kamu lewat sebuah link promosi khusus.

Atau juga nih, Kamu bisa menaruh link toko online yang  kamu miliki pada bagian biodata akun media sosialmu. Sehingga calon pelanggan dapat lebih mudah untuk mengakses secara langsung ke toko online Kamu.

Nah, sekarang kamu udah tau ya kan tips dan trik berjualan di Shopee supaya laris manis. Ga mungkin kalah lagi deh sama toko – toko saingan, semoga sukses ya. Selamat mencoba!

Related Posts