Home Uncategorized Tips dan Trik Jualan Online di Shopee

Tips dan Trik Jualan Online di Shopee

by Happy Puspa

Tips dan Trik Jualan Online di Shopee – Pada jaman yang serba digital ini kebutuhan manusia semakin meningkat seiring dengan manusia yang semakin konsumtif. Dengan adanya beberapa kemajuan teknologi, online shop sangat membantu memudahkan manusia berbelanja.

Belanja online sudah menjadi suatu kebiasaan yang baru bagi banyak orang terutama di Indonesia. Shopee atau kerap dipanggil Si Oren merupakan sebuah aplikasi mobile online shop paling populer saat ini. Sehingga, dengan naiknya permintaan, maka penawaran juga akan meningkat.

Memulai bisnis jualan di Shopee menjadi pilihan yang sangat bijak untuk pemula seperti kamu yang ingin mulai bisnis online. Ada banyak tips dan trik jualan online di Shopee yang bisa kamu terapkan untuk meramaikan tokomu.  Simak Tips dan Trik Jualan Online di Shopee selengkapnya ada di sini.

Tips dan Trik Jualan Online di Shopee untuk Pemula yang Mudah Dipahami

Pada pembahasan ini kamu akan mengetahui dan memahami cara-cara atau trik jualan online di Shopee untuk pemula seperti kamu. Karna cara – cara ini kami tujuka untuk pemula, maka akan kami jelaskan dengan bahasa yang mudah. Simak selengkapnya berikut ini ya, jangan sampai terlewat satu pun.

a. Trik Jualan di Shopee untuk Pemula yang Pertama adalah Gunakan Fitur Gratis Ongkir

tips dan trik jualan online di shopee

Masyarakat Indonesia dari seluruh kalangan usia pasti akan sangat menyukai diskon dan potongan harga. Apalagi promo gratis ongkir, fitur ini sudah seperti wajib bagi para konsumen bila ingin menghemat pengeluaran saat berbelanja di Shopee. Fitur gratis ongkir Shopee hadir dengan berbagai jenis jumlah belanja minimum Rp 0 hingga Rp 200.000

Regristrasikan toko kamu ke dalam fitur promo gratis ongkir dengan cara masuk pada halaman gratis ongkir lalu ikuti tahapan pendaftarannya sesuai dengan instruksi yang tertera. Yang kamu perlukan hanyalah foto selfie dengan memegang KTP untuk pengaktifan fitur promo gratis ongkir ini.

b. Tips dan Trik Jualan Online di Shopee yang Selanjutnya, Tambah Lebih Banyak Varian dan Jenis Produk di Tokomu

Konsumen akan merasa senang nantinya ketika mereka berbelanja dan dapat memilih banyak jenis produk dari berbagai macam opsi produk. Tambahkanlah variasi jenis produk pada tokomu, paling tidak kamu harus punya minimal 10 jenis produk.

Variasi jenis produk yang bisa kamu tambahkan nantinya antara lain ukuran, warna, motif, dan lain sebagainya. Sehingga, konsumen bisa memilih sesuka hati mereka sesuai dengan yang mereka inginkan dengan tepat.

Cara menambahkan variasi produknya juga mudah, bisa dilakukan bersamaan dengan saat mengunggah produk. Penjualan kamu nantinya akan meningkat pesat sebab mendapat pembeli yang lebih banyak. Shopee juga telah menyediakan suatu fitur bernama upload produk secara massal untuk memudahkan kamu kalau ingin mengupload banyak varian produk secara bersamaan.

c. Gunakanlah Foto dan Video Produk yang Menarik Konsumen pada Produkmu

Saat kamu menjalankan bisnis berjualan online, foto dan video produk yang kamu pajang menjadi daya tarik utama bagi pembeli. Maka dari itu, gunakanlah foto dan video produk yang lebih menarik banyak pelanggan. Potretlah dengan teknis yang tepat layaknya seorang fotografer profesional.

Perhatikanlah bagian teknis pemotretan seperti bagian lighting, contras, composisi, background, dan angle. Aesthetica foto akan semakin menambah minat konsumen, karna konsumen hanya bisa melihat dan menilai produk dari foto pada platform online shop. Unggahlah foto dan video produk dari beberapa sudut yang berbeda untuk menunjukkan bentuk produk secara menyeluruh.

d. Tips dan Trik Jualan Online di Shopee untuk Pemula yang Sangat Penting adalah Pasang Lebih Banyak Promo

tips dan trik jualan online di shopee

Siapa coba orang yang ga suka sama yang namanya promo atau diskon? Manjakanlah konsumenmu dengan sering mengadakan diskon atau promo. Kamu bisa melakukan dengan membuat voucher potongan harga dengan cara klik Saya > Toko Saya > Promosi Saya > Voucher.

Cobalah juga untuk mengikuti program khusus dari Shopee seperti program flash sale. Konsumen nantinya akan semakin tertarik pada produk kamu karna potongan harganya yang lebih besar. Sering – seringlah mengadakan promo, diskon, voucher dan flash sale tapi jangan lupa menghitung keuntungan dan kekurangannya, jangan sampai kamu merugi.

e. Jadilah Admin Toko Shopee yang Ramah pada Konsumen

Customer service atau pelayanan konsumen telah menjadi salah satu faktor peningkatan kenyamanan ketika konsumen tengah berbelanja. Maka dari itu, jadilah seorang admin toko yang ramah dan interakftif. Usahakan untuk menjawab seluruh pertanyaan konsumen dengan ramah dan interaktif asal pertanyaan tersebut berkaitan dengan produk kamu.

Menjadi seorang admin toko yang ramah akan sangat memengaruhi reputasi toko kamu di Shopee. Karena pada deskripsi toko Shopee akan ditampilkan rating toko berupa bintang yang dihitung berdasarkan ulasan konsumen. Ada juga presentase balasan chat penjual di toko kamu, semakin ramah dan cepat kamu maka akan semakin naik presentasenya.

f. Tips dan Trik Jualan Online di Shopee untuk Pemula yang terakhir adalah Buatlah Rekapitulasi Penjualanmu Secara Rutin

Walaupun kau menjalankan bisnis jualan secara online di Shopee, salah satu kiat sukses jualan di Shopee yang tak kalah penting adalah membuat rekapitulasi  penjualan secara rutin setiap bulan. Rekapitulasi ini dilakukan supaya bisa memudahkan kamu dalam menganalisa hasil penjualan toko kamu. Ketika kamu sudah mengetahui hasil penjualan toko kamu selama sebulan ke belakang, kamu bisa melakukan langkah selanjutnya seperti menambahkan, menghilangkan  atau mengembangkan hal – hal dalam tokomu.

Seperti itulah tips dan trik jualan online di Shopee untuk pemula yang mudah dipahami. Semoga kamu paham dan toko kamu di Shopee bisa ramai, ya! Selamat mencoba!

Related Posts