Home Uncategorized Usaha Jangka Panjang di Desa

Usaha Jangka Panjang di Desa

by Happy Puspa
usaha jangka panjang di desa Usaha jangka panjang di desa ,hidup di pedesaan merupakan hal yang cukup diminati oleh sebagian orang. Ini bukan berarti kamu akan memiliki keterbatasan untuk menjalankan usaha. Karena di masa sekarang ini, desa sudah bukan lagi tempat yang terpencil dan minim dengan kesempatan kerja.

Usaha Jangka Panjang di Desa

1. Jasa Menjahit

usaha jangka panjang di desa Membuka jasa menjahit baju juga menjadi pilihan usaha yang bisa dijalankan untuk jangka panjang. Kebutuhan fashion juga tidak akan ada matinya, apalagi pakaian adalah kebutuhan pokok bagi semua orang. Terutama di pedesaan, mendapatkan pakaian baru rasanya juga menjadi persoalan yang cukup sulit karena jauhnya jarak yang harus ditempuh jika ingin membeli baju baru di perkotaan. Adanya jasa penjahitan merupakan solusi yang cukup bagus untuk dikembangkan sebagai peluang usaha rumahan.

2. Usaha Jangka Panjang di Desa Jasa Laundry

usaha jangka panjang di desa Ada warga desa yang tetap membutuhkan jasa ini. Karena sebenarnya jika dihitung – hitung, menggunakan jasa cuci terhitung lebih murah dan lebih irit tenaga daripada harus mencuci sendiri di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan mesin cuci, kantung plastik, setrika, sabun cuci/detergen dan timbangan saja untuk menjalankan usaha ini. Peluang usaha ini juga akan lebih menjanjikan jika kamu menyediakan layanan antar jemput pada konsumen.

3. Usaha Jangka Panjang di Desa Usaha Kuliner

usaha jangka panjang di desa Usaha kuliner juga merupakan jenis usaha yang tidak akan habis dimakan oleh jaman. Seiring dengan berkembangnya waktu, semakin kesini usaha kuliner semakin bertambah variasi dan ragam masakannya di mata semua orang. Di pedesaan, target pasar dari bisnis kuliner ini biasanya  adalah wisatawan, karena salah satu prospek yang cukup besar di desa selanjutnya adalah banyak menawarkan tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Modal awal untuk memulai bisnis ini juga tidak terlalu besar, tergantung dari konsep usaha apa yang akan kamu pilih nantinya.

4. Bisnis Mebel dan Bahan Bangunan

Usaha ini cukup menarik dan berpeluang tinggi untuk dikembangkan karena sebagian besar produk berbahan kayu yang dijual di perkotaan itu sebenarnya asalnya juga dari desa. Beberapa perabot rumah tangga seperti almari, meja, kursi, jendela, kursi, dan tempat tidur kini sangat dibutuhkan di berbagai tempat.

5. Budidaya Jamur

Contoh usaha jamur yang cukup banyak diminati banyak orang adalah jamur tiram. Proses perawatannya yang tidak begitu sulit, jumlah modal yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Untuk satu media saja, kamu sudah bisa menghasilkan banyak sekali jamur dan bahkan bisa dipanen dalam jangka waktu yang cukup panjang.

6. Usaha Ternak Kambing

Di daerah pedesaan masih banyak sekali lahan yang luas dengan kondisi rumput yang hijau dan masih asri. Hal ini sangat cocok untuk digunakan tempat beternak kambing. Yang perlu diperhatikan adalah, sebelum menjalankan usaha ini pastikan dulu kamu sudah memperkaya diri dengan pengetahuan yang cukup karena ternak kambing ini membutuhkan ketelatenan yang serius dalam perawatannya.

7. Usaha Menjual Sayur Mayur

Jika kamu tinggal di pedesaan khususnya daerah pegunungan, maka ksesmpatan usaha satu ini patut untuk kamu coba. Suhu dingin di pegunungan sangat cocok untuk ditanami berbagai macam sayur mayur segar. Sehingga nantinya kamu bisa menjualnya di perkotaan agar mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Pastikan dulu bahwa lokasi yang akan kamu gunakan benar – benar cocok dengan tanaman yang akan kamu budidayakan nantinya.

8. Pertanian Organik

Peluang usaha ini cukup menarik untuk dijalankan di desa dan dijual ke perkotaan. Makanan organik banyak mengandung kadar gizi yang tinggi dan vitamin yang baik untuk dikonsumsi semua orang.  Karena itulah, banyak orang di kota yang berburu makanan berbahan organik sebagai santapan mereka. Dengan kondisi pertanahan desa yang kebanyakan masih asri dan bebas dari pencemaran membuat usaha pertanian organik ini sangat cocok untuk dikembangkan. Itulah contoh usaha jangka panjang di desa yang bisa kamu gunakan untuk membuka usaha. Buka usaha sesuai dengan keinginan dan keterampilan kamu, jangan ragu dan yakinkan dirimu.

Related Posts