Home Uncategorized Usaha Rumahan Modal Kecil di Desa yang Dilakukan Ibu Rumah Tangga

Usaha Rumahan Modal Kecil di Desa yang Dilakukan Ibu Rumah Tangga

by Happy Puspa

Memiliki usaha rumahan modal kecil di desa tidak hanya menjadikan salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang saja. Menjajal peluang usaha rumahan modal kecil di desa dan memiliki usaha sampingan ternyata menjadi salah satu tren terkini di kalangan para ibu rumah tangga yang berhasil memberikan keuntungan besar. 

Namun, siapa sangka ternyata usaha rumahan ini tidak hanya bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga di area kota. Anda yang tinggal di daerah pedesaan juga bisa menjajal peluang usaha ini! Saat ini, sudah banyak pilihan usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga di area pedesaan. 

Bahkan, banyak peluang usaha tersebut yang mampu memberikan omzet tinggi dan membantu menambah keuangan keluarga. Penasaran bukan apa saja peluang usaha yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga di desa? Berikut deret peluang usaha rumahan di desa yang bisa Anda referensikan untuk memulai usaha sampingan!

Berikut Inilah Ide Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil di Desa yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga

1. Usaha Rumahan Modal Kecil di Desa Penjual Sayur Segar

usaha rumahan modal kecil di desa

Hidup di desa pesisir pantai memang menyenangkan. Namun, banyak masyarakat di desa pesisir pantai yang merasa kesulitan dalam mendapatkan sayuran dan buah-buahan yang masih segar karena produk tersebut hanya tersedia di pasar induk yang jaraknya cukup jauh. 

Nah, hal ini bisa dijadikan salah satu ide memulai usaha rumahan di desa pesisir. Usaha sampingan ibu rumah tangga ini sangat menjanjikan. Apalagi, pembelian sayur dan buah-buahan dalam jumlah banyak yang dilakukan langsung pada tengkulak hasil pertanian akan mendapatkan harga yang sangat murah. Bisnis rumahan satu ini juga akan selalu didatangi oleh pembeli setiap harinya.

2. Usaha Rumahan Modal Kecil di Desa Warung Makanan Matang

usaha rumahan modal kecil di desa

Kendati tingkat konsumsi masyarakat di desa lebih rendah, tetapi usaha rumahan satu ini merupakan lahan basah. Terutama bagi Anda yang memilih lokasi di pinggir jalan besar atau di sekitar pabrik. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui jika total omzet yang diperoleh dari menjalankan usaha sampingan ini berkisar dari 50% hingga 100%.

Kendati demikian, agar usaha sampingan ibu rumah tangga ini tetap laris, Anda harus benar-benar memikirkan pemilihan menu yang akan dijual. Hindari menjual makanan asing seperti sushi dengan ikan mentah yang cenderung tidak diminati oleh masyarakat desa. Sejumlah menu makanan rumahan merupakan pilihan yang tepat dan cocok bagi para pekerja pabrik yang tidak sempat memasak. 

3. Usaha Rumahan Modal Kecil di Desa Jasa Catering

usaha rumahan modal kecil di desa

Peluang usaha rumahan di desa lainnya yang dapat dijadikan referensi untuk usaha sampingan adalah membuka jasa katering. Kendati masyarakat di desa lebih banyak mengaplikasikan asas kekeluargaan saat menggelar hajatan, menjalankan bisnis catering juga dapat memberikan keuntungan besar dan memiliki pasar tersendiri. 

Apalagi jika jasa catering menyediakan pilihan paket yang dibuat berdasarkan jenis-jenis acara tertentu, seperti pernikahan, syukuran bayi, dll. Agar usaha sampingan ibu rumah tangga  Anda semakin dilirik dan diminati, tidak ada salahnya untuk melakukan promosi secara rutin. 

4. Usaha Rumahan Modal Kecil di Desa Warung Kopi Kekinian

usaha rumahan modal kecil di desa

Beberapa tahun belakangan, banyak bermunculan warung-warung kopi kekinian yang selalu dipadati oleh para pengunjung. Membuka usaha warung kopi kekinian juga bisa menjadi salah satu ide usaha rumahan di desa yang bisa Anda coba. Apalagi, jenis usaha sampingan ibu rumah tangga ini masih jarang dilirik. 

Dalam menjalankan usaha sampingan ini cukup mudah.  Anda dapat menggunakan kopi-kopi sachet yang ada di pasaran. Namun, agar kopi yang dijual lebih menarik dan berbeda dari yang ada di warkop pada umumnya, tambahkan sejumlah topping seperti bobajelly, dll. Sebagai tambahan informasi saja, peluang usaha satu ini mampu memberikan profit hingga 40%, lho!

5. Toko Sembako ala Minimarket

Toko Sembako ala Minimarket

Tidak semua toko sembako di desa menjual produk yang cukup lengkap. Maka dari itu, bagi Anda yang tertarik untuk menjajal peluang usaha rumahan di desa, tidak ada salahnya untuk membuka toko sembako ala minimarket yang menyediakan beragam produk yang lebih lengkap.

Agar usaha sampingan ibu rumah tangga ini laris manis, Anda juga bisa menyediakan layanan pesan antar untuk memudahkan masyarakat yang lokasinya agak jauh dari lokasi toko. Selain itu, tidak ada salahnya untuk memberikan diskon-diskon menarik di akhir pekan. 

6. Koperasi Simpan Pinjam

Peluang usaha rumahan di desa lainnya adalah dengan membuka koperasi simpan pinjam. Adanya koperasi simpan pinjam akan sangat membantu masyarakat di desa yang menginginkan bantuan modal tetapi tidak memenuhi syarat administrasi yang diajukan oleh bank. Adapun keuntungan yang diperoleh dari usaha sampingan ini memang berasal dari bunga dan denda yang dibayarkan oleh para anggota.

Kendati demikian, bisnis koperasi simpan pinjam masih bisa memberikan keuntungan besar terlebih jika banyak masyarakat yang akhirnya lebih memilih untuk meminjam di koperasi milik Anda karena persyaratan yang lebih mudah. Namun, tetap berhati-hati dalam membuat peraturan agar usaha sampingan ini tidak merugi, ya!

7. Agen Pulsa dan Pembayaran Listrik-Air

Peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan dan dijamin laris manis adalah agen pulsa dan listrik. Tidak seperti di kota, kebanyakan masyarakat di desa masih harus membeli pulsa secara manual di kios-kios terdekat dan juga membayarkan tagihan listrik-air dengan mendatangi kantor PLN dan PDAM langsung. 

Tidak heran jika usaha sampingan ibu rumah tangga ini dapat membantu menambah penghasilan. Keuntungan usaha sampingan ini akan semakin besar jika jasa yang Anda buka tersedia dalam waktu 24 jam penuh. Bagi yang tertarik untuk menjajal usaha satu ini, cukup menyediakan modal berupa uang, komputer, handphone, dan printer saja. 

8. Ternak Hewan

Peluang usaha rumahan bagi ibu rumah tangga di desa lainnya yang patut untuk dipertimbangkan adalah menjadi peternak hewan. Satu hal yang harus diperhatikan sebelum terjun ke dalam usaha sampingan ibu rumah tangga ini adalah memilih jenis hewan yang akan diternak. 

Selanjutnya, persiapkan lahan dan modal untuk membeli peralatan dan perlengkapan penunjang. Hewan ternak ayam daging, ayam petelur, dan kambing merupakan dua primadona yang banyak dipilih karena memberikan omzet yang besar dan selalu dicari setiap hari. 

9. Agen SPBU Mini

Referensi berbisnis dari rumah lainnya yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga di desa adalah dengan menjadi agen pom mini. Seperti yang telah diketahui, selama ini masyarakat desa harus mendatangi SPBU yang lokasinya kadang tidak dekat dan harus ditempuh dalam waktu yang cukup lama. 

Adanya SPBU mini tentu akan membantu masyarakat desa karena jaraknya yang lebih dekat. Selain itu, jenis usaha ini tidak akan pernah sepi. Apalagi jika masyarakat di desa juga banyak yang memiliki kendaraan bermotor ataupun mesin-mesin pertanian yang membutuhkan bahan bakar setiap saat,

10. Warnet

Di zaman yang serba menggunakan teknologi canggih ini tentu juga berkaitan dengan jaringan internet. Apalagi, di musim pandemi ini di mana hampir semua aktivitas dilakukan secara hybrid atau bahkan secara online yang membutuhkan jaringan internet yang bagus. Usaha rumahan yang menjanjikan ini menjadi ide yang sangat brilian. 

Apalagi, tidak semua masyarakat desa memiliki komputer. Tidak hanya itu saja, masih banyak desa-desa di Indonesia yang belum memiliki akses jaringan internet yang baik. Maka dari itu, membuka warnet atau warung internet menjadi salah satu ide usaha sampingan yang sangat menjanjikan saat ini.

11. Rental dan Fotokopi

Masyarakat desa kerap kesulitan menemukan jasa rental dan fotokopi di area  tempat tinggalnya. Biasanya, jasa satu ini hanya ditemukan di sekitar pasar induk atau pusat desa. Namun, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan peluang usaha yang menjanjikan keuntungan besar ini.

Apalagi, sampai saat ini masyarakat juga diharuskan untuk melampirkan fotokopi dari sejumlah berkas untuk mengurus administrasi di kantor-kantor pemerintahan. Selain itu, saat ini juga banyak siswa yang diwajibkan untuk mengumpulkan tugas dalam bentuk hardcopy yang diketik dan sudah dijilid rapi. 

12. Les Privat

Peluang usaha rumahan yang bisa dicoba oleh para ibu rumah tangga di desa dan tidak membutuhkan modal banyak adalah les privat. Peluang usaha ini merupakan salah satu jenis usaha yang akan terus dicari. Apalagi mengingat adanya perbedaan kualitas dari pendidikan yang didapat oleh anak-anak sekolah di desa.

Selain mendapatkan tambahan pundi-pundi keuangan secara rutin, usaha sampingan ini juga membantu anak-anak di desa mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi. Lokasi dari usaha sampingan ini bisa di rumah Anda atau rumah siswa.

Related Posts