Home Uncategorized Yang Perlu Diperhatikan dalam Renovasi Rumah

Yang Perlu Diperhatikan dalam Renovasi Rumah

by Happy Puspa

Renovasi rumah banyak dilakukan oleh orang-orang dengan tujuan untuk mendapatkan kenyamanan, keamanan, estetika atau keindahan, penambahan ruang, hingga untuk pemeliharaan. Jika Anda melakukan renovasi untuk mendapatkan model rumah yang baru, misalnya renovasi rumah kuno jadi minimalis, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Tentukan anggaran terlebih dahulu

Hal pertama yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan renovasi, misalnya renovasi rumah kuno jadi minimalis, yaitu harus menentukan anggaran terlebih dahulu. Saat membuat anggaran biaya renovasi, masukkan estimasi keseluruhan.

Mulai dari biaya untuk desain, biaya tukang, biaya bahan material bangunan, serta keperluan finishing seperti membeli perabotan rumah hingga untuk proses pembersihannya. Susun secara mendetail agar tidak ada rincian biaya yang terlewat.

Sebaiknya miliki juga dana cadangan untuk mengantisipasi jika ada pengeluaran sewaktu-waktu yang tidak terduga dan menyebabkan pengeluaran melebihi biaya perencanaan. Berikan batasan tertentu untuk anggaran biayanya. Misalnya jika Anda merencanakan untuk merenovasi dapur, maka jangan sampai melakukan renovasi bagian lain agar anggaran tidak membengkak.

2. Gunakan jasa renovasi rumah

Sekilas ide ini terdengar hanya buang-buang uang saja. Terlebih jika mengetahui untuk pembayaran jasa renovasinya cara perhitungannya adalah biaya renovasi rumah per meter luas bangunan. Sehingga jika jasa renovasi yang ditunjuk sudah ternama, tarifnya biasanya juga akan lebih besar dan perlu biaya banyak untuk menggunakan jasanya. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Karena justru dengan menggunakan jasa renovasi rumah, Anda akan dimudahkan untuk melakukan renovasi rumah yang sesuai dengan anggaran yang disiapkan. Karena Anda hanya perlu memberikan informasi mengenai renovasi seperti apa yang diinginkan.

Lalu kemudian pihak jasa renovasi akan menjalankan pekerjaannya sesuai dengan ekspektasi tanpa mengganggu anggaran yang Anda miliki. Namun mengingat ada juga kasa renovasi yang belum terpercaya, maka Anda perlu selektif saat mencari jasa renovasi rumah.

3. Gunakan material yang berkualitas

Melakukan renovasi rumah bukanlah sekedar untuk mendapatkan tampilan yang lebih estetika saja, namun juga harus memperhatikan kualitas dari setiap material yang digunakan dalam membangun. Anda tentunya tidak mau bukan jika bangunan yang direnovasi menjadi cepat rusak kembali.

Entah itu ketika renovasi ruang tamu, renovasi dapur, atau bagian-bagian rumah yang lainnya. Maka dari itu, agar bangunan bisa awet, tahan lama, dan tidak mudah rusak, perlu menggunakan material yang sudah teruji kuat dan tahan lama.

Sehingga saat membeli material yang dibutuhkan untuk renovasi rumah, Anda perlu selektif memilih yang berkualitas bagus. Misalnya ketika membeli material metal yang digunakan sebagai kerangka konstruksi, sebaiknya pilih yang terbuat dari baja karena lebih kuat dan fleksibel saat menghadapi berbagai musim, baik penghujan maupun kemarau.

4. Kenali struktur bangunan rumah

Sebelum mulai melakukan renovasi rumah kuno jadi minimalis sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagian mana dari bangunan yang masih bisa dipertahankan dan yang tidak. Pertimbangkan terlebih dahulu apakah bangunan dengan desain baru yang dirancang bisa menyatu dengan struktur bangunan yang lama. Sehingga diharapkan tidak menimbulkan masalah pada bangunan ke depannya.

5. Pilih desain dan fungsi yang tidak lekang waktu

Beberapa orang ada yang melakukan renovasi rumah dengan tujuan untuk memperbaharui desain rumahnya sebagai penyegaran agar tidak monoton. Hal ini memang sah-sah saja dilakukan. Namun ada baiknya memilih desain bangunan yang timeless atau tidak lekang oleh waktu.

Sehingga ketika rumah desainnya tidak berganti 20 tahun ke depan pun tidak akan terlihat kuno dipandang. Dari segi biaya pun juga bertujuan agar Anda juga bisa berhemat untuk tidak terlalu sering melakukan renovasi.

Terlebih jika menggunakan Jasa Renovasi Rumah Surabaya, biasanya biaya renovasi rumah per meter cara hitungnya. Untuk desain rumah yang dirasa tidak akan lekang oleh waktu, contohnya seperti rumah bergaya minimalis.

Related Posts